Salah Satu Rest Area Terbaik di Pulau Jawa Merupakan Bangunan Tua di Jateng

BNews–JATENG– Sebuah Rest area atau tempat peristirahat bagi pengguna jalan ini digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik di pulau Jawa. Pasalnya, selain bangunan sejarah juga menjadi area instagramable.

Namanya Rest Area KM 260B Banjaratma yang belrokasi di Kabupaten Brebes  Jawa Tengah. Sudah banyak yang familiar lokasi ini di kalangan traveler.

Dan perlu diketahui, dahulu rest area ini merupakan ex pabrik gula. Lokasi ini merupakan bangunan yang dulunya beroperasi sebagai Pabrik Gula Banjaratma yang didirikan pada tahun 1908.

Tahun 1997 merupakan tahun terakhir pabrik gula ini beroperasi. Setelah puluhan tahun mangkrak kini bangunannya dimanfaatkan sebagai rest area yang keren.

Rest area KM 260B Banjaratma ini berlokasi di Cipugur, Banjaratma, Kecamatan Bulakammba, Kabupaten Brebes. Tepatnya di Tol Pejagan – Pemalang KM 260B. Bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri, karena konsep bangunan jaman Belanda yang masih asli dan tidak diubah.

Banyak orang yang mengira arsitekturnya sengaja dibuat seperti bangunan kuno, padahal bangunan ini adalah asli bekas pabrik gula peninggalan Belanda. Bahkan masih ada loko kereta uap, mesin pabrik gula yang masih dipertahankan dan sekarang dijadikan tempat foto para pengunjung.

Bukan hanya spot foto yang Instagramable, tetapi juga banyak jajanan UMKM untuk mengisi perut pengunjung yang sedang mampir ke rest area. Rest area ini juga dilengkapi dengan masjid yang di dalamnya memiliki kolam ikan yang menambah kesan sejuk.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Rest area ini bukan hanya diperuntukkan untuk yang melakukan perjalanan di tol, tapi masyarakat sekitar juga bisa masuk. Untuk yang ingin masuk bukan dari arah tol, pengunjung bisa masuk melewati pemukiman warga dan parkir di luar rest area.

Dan jangan khawatir, perjalanannya tidak jauh dari rest area. Dan tempat parkirnya juga bukan hanya mobil saja tapi juga untuk pengendara motor.

Untuk masuk rest area ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung hanya membayar parkir kendaraannya saja.

Dan saat malam lagi geberlap lampu akan menghiasi lokasi ini. Tentunya hal itu menambah indah lokasi tua tersebut. (*/bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: