Sampai Juni, Progres Pembangunan Fisik Di Kabupaten Magelang Belum Capai 41,36 Persen

BNews–MAGELANG-– Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor POK) akhir triwulan II Tahun 2021 digelar kemarin (27/7/2021). Bupati Magelang Zaenal Arifin mengikuti secara telekonference dari Rumah Dinasnya.

Dari laporan yang telah diterima oleh Bupati Magelang, sampai dengan akhir Juni  2021, progress  fisik telah mencapai 41,36% dari target sebesar 44,77% dan realisasi keuangan mencapai 27,52%.

Menurutnya capaian kinerja fisik untuk Triwulan II tahun 2021 ini lebih rendah apabila dibandingkan dengan tahun 2020 pada periode yang sama.

Tetapi, lanjutnya pihaknya tetap optimis bahwa target kinerja tahun 2021 dapat kita capai sesuai harapan bersama.

“Sementara untuk kinerja keuangan, pada awal bulan Juli ini kita juga telah melaksanakan rakor percepatan realisasi APBD TA 2021. Saya berharap agar langkah-langkah strategis yang telah kita sepakati dalam rakor tersebut dapat didukung dan dilaksanakan oleh semua Perangkat Daerah, sehingga realisasi keuangan dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, penyelenggaraan rakor POK ini bertujuan untuk memberikan gambaran kinerja pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kabupaten Magelang.

Dimana diharapkan dapat diidentifikasi kendala, permasalahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Untuk kemudian, katanya masing-masing Kepala Perangkat Daerah dapat merumuskan alternatif solusi agar target yang telah direncanakan dapat tercapai.

Dalam Kegiatan-kegiatan yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi dan DAK, Zaenal Arifin berharap kepada Kepala Perangkat Daerah Pengampu. Yakni untuk dapat memenuhi segala persyaratan pencairan sesuai ketentuan yang berlaku.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Serta, katanya dapat melaksanakan kegiatan dengan seoptimal mungkin, dan terkait pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Hal ini agar dapat dilakukan percepatan dengan tetap berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

“Saya mengingatkan kembali kepada para Kepala Perangkat Daerah, akan pentingnya dokumen Rencana Kerja Operasional (RKO) sebagai pedoman pelaksanaan dan bahan evaluasi pelaksanaan APBD di masing-masing Perangkat Daerah,” tegasnya.

Dalam Rangka pencapaian Kinerja tahun 2021 Bupati Magelang menekankan agar Kepala Perangkat Daerah agar meningkatkan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan kegiatan. Yakni melalui koordinasi internal Perangkat Daerah secara rutin; meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar Perangkat Daerah dan pihak-pihak terkait.

“Hal ini kedepan dapat tercipta sinergitas guna mendukung percepatan pelaksanaan kegiatan. Dan segera melakukan akselerasi atau percepatan penyerapan anggaran yang bersumber dari APBD maupun non APBD dengan tetap memedomani ketentuan peraturan perundangan yang berlaku,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: