Satu Orang Indonesia Terbebani Hutang Negara Rp 13 Juta

BNews—NASIONAL— Hutang negara Indonesia saat ini tercatata Rp 2.020 triliun. Jumlah itu jika dibagi seluruh masyarakat Indonesia, maka setiap kepala menaggung beban hutang negara Rp 13 juta. Defisit atau hutang tinggi ini, dinilai masih aman karena dipergunakan negara untuk kegiatan produktif.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri keuangan Sri Mulyani, beberapa waktu lalu. Menurutnya, penerimaan negara saat ini total Rp 1.750 triliun. Sedangkan belanja Rp 2.020 triliun

“Kalau kita lihat, Rasio utang kita memang cukup tinggi, tapi tidak tinggi-tinggi amat dibandingkan dengan negara lain, kalau dihitung itu dari hampir 260 juta penduduk, kira-kira utang kita US$ 997 AS per kepala atau setara Rp 13 juta,” kata Sri Mulyani.

Menurutnya, utang sebesar US$ 997 per kepala itu tentu tidak terlalu membebani masyarakat Indonesia yang rata-rata populasinya sebagian besar adalah golongan produktif atau di usia kurang dari 30 tahun. 

Saat ini, kata Sri Mulyani, pemerintah terus berusaha untuk bisa menekan utang yang terlalu besar melalui peningkatan penerimaan pajak.

“Di Jepang itu US$ 85.000 per kepala dan jangan lupa kalau Jepang itu adalah populasinya yang aging, orangnya yang sepuh, sudah tua, jadi untuk mereka masih punya utang US$ 85.000 per kepala tapi hidupnya tinggal beberapa tahap ke depan,” tuturnya. (bn1/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: