Laporkan Jika Ada Penerima PKH Berasal dari Keluarga Mampu

BNews—NASIONAL— Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan penyaluran bantuan dari Kementian Sosial yang saat ini sedang banyak polemic bagi para penerima. Banyak warga yang benar-benar miskin tidak tersentuh oleh program ini, bahkan palah sebaliknya.

Dari penelusuran Borobudur News, banyak informasi viral terkait penerima PKH yang tidak seharusnya menerima. Bahkan banyak penerima yang sudah dianggap mampu namun masih menerima dana bantuan untuk keluarga miskin ini.

Perlu diketahui bahwa penerima PKH datanya diambil dari BPS. Hal itu yang harus dikaji ulang apakah penerima PKH yang kaya itu sudah mapan sejak awal jadi penerima PKH atau tidak, jika benar berarti ada human eror.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sebenarnya warga yang mendapatkan bantuan PKH dan yang merasa telah mampu bisa mengundurkan diri dengan cara membuat surat penyataan tertulis di atas kertas bermaterai dan diserahkan kepada pendamping PKH di wilayahnya masing-masing. Sedangkan bagi warga penerima PKH yang telah mampu tetapi masih menerima bantuan PKH dan tidak mengundurkan diri dapat dikenakan Undang-Undang 13 tahun 2011 seperti yang dijelaskan BAB VIII KETENTUAN PIDANA yang berbunyi:

Pasal 42
Setiap orang yang memalsukan data verifikasi dan validasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Pasal 43
(1) Setiap orang yang menyalahgunakan dana penanganan fakir miskin sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Semoga penjelasan terkait PKH ini bisa diberitahukan kepada masyarakat. Dimana bagi penerima PKH yang telah mampu bisa mengundurkan diri dan beralih yang benar-benar membutuhkan. (bsn)

11 Comments
  1. YT Subcribe says

    Tolong Lah Pak Yg Dapat PKH Tu.
    Masak Semua Di borong
    PKH, Kartu kluarga Harapan, kartu Kuning, Raskin, DLL

    Sedangkan Hidupnya Aja Enak.
    Anaknya Semua Megang Gajet/Hp Yg Mewah.

    Hp nya Aja IPHONE beli Baru

    Motor ada 2

    Bikin Teras ada Kursi kayak Rumah Mewah.
    Ya Walaupun tu bedah Rumah
    Tapi Gayanya Kayak Org Kaya

    Haduh Pak Persiden
    Tolong lah Pecat Pak RT.

    Jangan Ada Lagi pak RT.

    Ni Datanya.
    Nama istri: Yayuk Liza
    Nama suami: Juni Sianturi
    Anak 3 Gaya Orang Kaya
    Sekolah SMA tempat orang kaya

    Pak RT: Judi Namanya

    Alamat: KM 2, Rt.09, Sukaramai, MuaraTembesi, BatangHari, JAMBI

  2. Multazam says

    Sya mendapatkan undangan menjadi anggota penerima pkh tapi di data tidak sesii kenyataan sedangkan orang tidak dapat undangan dan tidak terdata malah dia yang dapat ,,
    Ini tidak tepat sasaran sungguh kesal dngan pendampingnya sya ingin melapor tapi kemana

  3. Nelpin Ts says

    Saya nelpin tarigan.memberitahukan,di desa ujung meriah,ada kadus (kepala dusun) yang mempunyai gaji dari pemerintah,dapat raskin penerima pkh dll,kec,gunung meriah kab,deli serdang,gimana itu pak bupati? Begitukah pwrintah bapak ke anggota bapak?

  4. Widiastuti says

    Sebenarnya kriteria penerima PKH yg seperti ap sih.sy punya ank 3,semua sdh sekolah ,yg pertama SMP,kedua SD,paling kecil masuk TK,disekolah tidak mendapat bantuan ap2,rumah jg masih numpang,pekerjaan suami buruh…ap karena sy jadi guru paud yg tidak punya gaji SDH dianggap mampu.. ,tolong pengertiannya dong,yg SDH punya rumah mapank kendaraan ad,kok mlah dia diajukan mendapat PKH..

  5. Arya says

    Didesa saya juga banyak bantuan pkh yg tidak tepat sasaran, saya mohon ditindak lanjuti🙏🙏🙏

  6. Reka says

    Penerima pkh bisa memebeli mobil…artinya sudah mampu tolong di cek kelapangan
    Alamat
    Jl.air putih 2 rt 20 kelurahan betungan kota bengkulu propinsi bengkulu
    Nama rt : purnomo
    Suami : ujang Asep
    Istri : betti (bekerja di kantor perhubungan)

  7. Nining says

    Saya punya anak 4,-smp klas 3,smp klas 1,dan yg msih klas SD 2orang.mnikh sdh 12 thun,tinggal hanya numpang di rumah mertua.dri menikah smpai sdh punya anak 4 ini belum juga dpat bntuan apapun.ktanya yg tdk mampu bisa dpat PKH..trus knpa ank² sya tdk mnjadi penerimanya.mlah ad yg sdh mampu mnjadi penerima PKH,tlong pemerntah tindak di lanjuti.

  8. Amat widodo says

    Kpd.YTH Bpk/Ibu Kami Mau Melaporkan Di Desa Jetis Mojoroto karanganyar Yg Mendapatkan Bantuan PKH,BPNT Mayoritas Orang Yg Mampuh,punya Sawah dll,dan Itu Juga Satu Keluarga juga ada yg dapat lebih dari dua Tetapi anehnya yg seperti saya ini malah enggak dapat,Mohon Di Tindak lanjutin datanya kalau enggak di survei kekelurahan,mohon segera Respon tanggapan dari saya ini,karena kami merasa kecewa dan tidak adil alias pilih kasih itu namanya sama aja Menbantu Orang Yg mampu bukannya orang yg tidak mampu

  9. Amat widodo says

    Mohon di cek dan di tindak lanjutin Desa Jetis,mojoroto,mojogedang,karanganyar Yg Mendapatkan Bantuan PKH,BPNT sebagian salah sasaran yg menerima ssbagian orang yg mampu punya sawah dll,dan itu juga satu keluarga ada yg dapat lebih dari satu anehnya yg seperti saya ini kok malah gk dapat..

  10. Bayu says

    Pak mohon di periksa di setiap desa banyak orang kaya di desa saya menerima bantuan PKH diantaranya adalah
    Nama istri:Nurukia be Tobing
    Nama suami:Hitler dehotman Manurung
    Anak 5
    Punya mobil
    Punya sepeda motor
    Lahan banyak
    Alamat Aceh tenggara Lawe tua persatuan dekat gereja HKI Lawe tua persatuan

  11. alpian ansori says

    di kampung saya penerima bansos tidak tepat sasaran mohon di cek langsung ke lokasi pekon padang tambak kecamatan way tenong kabupaten lampung barat lampung

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: