Sejak Awal Tahun 2024 Ada 12 Bank Gulung Tikar, Terdekat di Purworejo

BNews-NASIONAL- Banyak yang belum tahun bahwa sebanyak 12 bank di Tanah Air gulung tikar terhitung sejak awal tahun 2024 ini. Hal itu berdasarkan laporan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK sendiri telah melakukan terobosan dalam meningkatkan perbankan di Indonesia, yang salah satunya dengan menggabungkan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) sejak Januari-Mei 2024.

Adapun, penutupan hingga 12 BPR oleh OJK sejak awal 2024 tercatat sudah melampaui angka tahun lalu. Bahkan, di atas rata-rata sepanjang 18 tahun terakhir. Angka ini sudah 3 kali lipat dibandingkan tahun 2023.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan bahwa setiap tahun ada sebanyak 6 hingga 7 BPR jatuh.

Alasan utama bank-bank yang jatuh itu disebabkan oleh salah manajemen pemiliknya.

Berikut daftar BPR yang tutup:

  1. BPR Wijaya Kusuma

BPR yang terletak di Madiun itu dicabut izinnya oleh OJK pada tanggal 4 Januari 2024. Hal itu disebabkan karena bank itu tidak dapat melakukan penyehatan sesuai ketentuan.

  1. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto (Perseroda)

BPRS yang terletak di Mojokerto itu dicabut izinnya oleh OJK terhitung sejak tanggal 26 Januari 2024. Kondisi BPRS Mojo Artho sebelum ditutup telah masuk daftar pasien LPS dan kondisinya status terus memburuk karena pengelolaan yang tidak didasarkan pada prinsip kehati-hatian.

  1. BPR Usaha Madani Karya Mulia

BPR yang terletak di Surakarta itu dicabut izinnya oleh OJK pada 5 Februari 2024, setelah gagal melakukan para pengurus dan pemegang saham gagal untuk melakukan penyehatan.

  1. BPR Pasar Bhakti Sidoarjo

BPR yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur ini dicabut izin usahanya oleh OJK pada 16 Februari 2024.

(KLIK DISINI UNTUK LANJUT MEMBACA)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!