Sejarah Ambrolnya Jembatan Krasak Tahun 1991

BNews—SALAM—Jembatan Krasak sebagai salah satu jalur utama penghubung Provinsi Jawa Tengah dan DI Jogjakarta via Salam, Magelang ternyata pernah ambrol di tahun 1991. Jembatan kokoh tersebut runtuh karena insiden kecelakaan truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga menyebabkan ledakan hebat.

Saking dahsyatnya, kobaran api dari tumpahan minyak mampu melumat bagian-bagian struktur bangunan jembatan. Perlahan api mulai melelehkan konstruksi besi hingga mengakibatkan jembatan roboh. Akses transportasi saat itu langsung terputus.

Salah satu warga setempat, Wartono, menceritakan kronologi peristiwa mencekam tersebut. Ia mengungkapkan, saat itu, dari arah Jogjakarta menuju Magelang melaju sebuah truk bermuatan penuh BBM berkecepatan tinggi. Saat itu, truk itu tengah berkejaran dengan sebuah bus umum di depannya.

”Sesampainya di atas jembatan, truk tiba-tiba oleng tidak terkendali hingga terguling. Gandengan atau besi pengaitnya terlepas bersamaan dengan tumpahnya minyak yang dibawanya,” kenang dia.

Saat terguling, truk terseret sejauh puluhan meter hingga menimbulkan percikan api. Praktis, gesekan besi pengait yang mengenai aspal dengan tumpahan minyak memantik api hingga terjadi ledakan dahsyat.

”Panas api dan kuatnya ledakan menyebabkan kerangka besi jembatan meleleh dan runtuhlah struktur bangunan jembatan. Akses lalu lintas terputus,” katanya.

Usai tragedi tersebut, pemerintah membangun jembatan sementara (Bailey Bridge) atau sejenis konstruksi jembatan yang biasa digunakan di dunia militer. Pada tanggal 23 Mei 1991 jembatan utama mulai dibangun kembali dan rampung Agustus 1991.

”Setahun kemudian, di sebelah timur jembatan tersebut dibangun satu jembatan lagi sehingga setelah itu, di atas Kali Krasak membentang dua jembatan seperti yang ada saat ini,” jelas Wartono.

Imbuh dia, tercatat dua orang pekerja konstruksi jembatan, Susiani dan Ahwo, tewas saat membangun Jembatan Krasak. Keduanya tewas karena galian pondasi sedalam 30 meter yang sedang dikerjakan runtuh dan menimpa mereka. Untuk mengenang dan menghormati dua pekerja tersebut, dibuatkan monumen patung dua pekerja berhelm proyek yang sedang mengebor yang terletak di jembatan sisi Salam, Magelang. (han)

1 Comment
  1. DEWA JME. R 347 says

    Tepatnya tanggal berapa tangki BBM tersebut meledak di atas jembatan kali krasak …?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: