IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Sejumlah Daerah di Jateng Diprediksi Bakal Masuki Musim Hujan Awal Oktober 2020

BNews—JATENG—Musim kemarau akan segera berakhir, awal musim hujan periode 2020-2021 diprediksi akan mulai dari bulan Oktober. Sementara untuk di wilayah Jawa Tengah, ada beberapa daerah yang berpeluang memasuki musim penghujan pada awal Oktober 2020.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang, Tuban Wiyoso menyampaikan terdapat 12 kabupaten/kota di Jateng  berpotensi awal penghujan pada awal Oktober 2020. Untuk musim hujan, diperkirakan bersifat normal.

”Dengan situasi fisis dan dinamika atmosfer, nantinya ada potensi penambahan curah hujan. Yang perlu diwaspadai sekarang yaitu munculnya peluang potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan genangan,” kata Tuban, Sabtu (12/9/2020). Dikutip dari IDN Times.

Menurutnya, ke-12 daerah yang akan memasuki dasarian I meliputi sebagian besar Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga dan Wonosobo, sebagian Kabupaten Banyumas dan Magelang, sebagian sisi selatan Pemalang, Pekalongan dan Cilacap, kemudian Kebumen bagian utara, sebagian kecil sisi utara Purworejo, sebagian kecil wilayah Brebes dan Tegal.

Sementara daerah yang mengalami musim hujan terpendek, kata dia, berada di Rembang bagian timur, sebagian wilayah utara Pati dan sebagian kecil  Kabupaten Jepara. Tak hanya itu, daerah yang paling terakhir memasuki musim hujan di akhir November 2020 yakni Kabupaten Rembang bagian timur.

Untuk musim hujan terlama ada di Kabupaten Pekalongan bagian selatan, sebagian Purbalingga, sebagian kecil Banjarnegara serta Pemalang. ”Tahun ini, musim hujannya mengalami kemunduran atau lebih lambat dari kondisi normal,” jelasnya.

Tuban mengatakan, pihaknya memperkirakan bahwa puncak musim hujan bakal terjadi pada rentang waktu Januari-Februari 2021 mendatang.  Masyarakat Jateng pun diimbau agar meningkatkan kewaspadan musim hujan.

Loading...

Adapun kemungkinan bila hujan lebat muncul dengan durasi waktu yang pendek, maka berpotensi disertai angin kencang dan petir. ”Kadang juga bisa didahului hujan es dan puting beliung. Terutama ini terjadi selama pancaroba mulai bulan ini sampai Oktober,” pungkasnya. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: