Simak! 6 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat dan Awet

BNews—TIPS— Mewarnai rambut saat ini sudah menjadi salah satu mekanisme penghilang stres bagi seseorang. Mengubah-ubah gaya serta warna rambut biasa dilakukan oleh para wanita.

Selain mempercantik penampilan, mewarnai rambut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih, sekarang telah banyak produk pewarnaan rambut yang bisa dibeli di mana saja.

Penggunaannya pun mudah, tidak perlu bantuan profesional atau salon. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dalam sekejap. Masalah dari memiliki hobi mewarnai rambut adalah, kondisi rambut akan menjadi rentan rusak dan kering.

Rambut yang sering bersentuhan dengan bahan kimia dari produk pewarna dapat mengakibatkan rambut menjadi rapuh, kusam, dan mudah patah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat rambut berwarna Anda agar senantiasa tetap sehat dan warnanya pun dapat menempel dengan lebih awet. Berikut 6 cara merawat rambut berwarna yang bisa Anda ikuti.

Gunakan Clarifying Sampo

Cara merawat rambut berwarna yang pertama dengan keramas menggunakan clarifying sampo. Biasanya, setelah mengaplikasikan cat rambut, terdapat bagian rambut yang menjadi lebih gelap di satu sisi dibandingkan sisi yang lainnya.

Penggunaan clarifying shampo bertujuan untuk meratakan warna rambut agar gradasi cat lebih terlihat rapi dan rata. Clarifying sampo juga bermanfaat untuk membersihkan rambut dari kotoran-kotoran akibat sisa produk hairstyling dan juga polusi udara.

Gunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut berwarna yang kedua dengan rajin mengaplikasikan masker rambut minimal seminggu sekali. Masalah paling umum dari kegiatan pewarnaan rambut adalah, kondisi rambut menjadi kering setelahnya. Oleh karena itu, diperlukan tambahan perawatan untuk menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Aplikasikan masker rambut alami yag dibuat sendiri atau masker rambut siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Gunakan secara rutin minimal seminggu sekali. Hasilnya, rambut Anda akan senantiasa sehat, lembap, dan mencegah rambut dari bercabang. Masker rambut berfungsi untuk memberikan nutrisi agar rambut tetap sehat walau sudah terkena paparan zat kimia.

Gunakan Serum Rambut

Cara merawat rambut berwarna yang ketiga dengan menggunakan serum khusus rambut secara rutin. Terkadang, penggunaan cat rambut dapat membuat rambut terlihat kusam dan kering. Terlebih ketika Anda sering melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung. Penggunaan alat styling rambut seperti curling iron atau hair dryer juga dapat menambah kekeringan pada rambut.

Anda dapat mengatasi hal-hal tersebut dengan rajin menggunakan serum khusus untuk rambut yang diwarnai. Selain membuat rambut tetap sehat, serum khusus ini juga dapat mempertahankan warna cat rambut Anda agar tidak mudah pudar. Serum mengandung banyak vitamin yang berguna untuk memperbaiki kondisi rambut. Gunakanlah saat rambut dalam kondisi setengah kering, agar serum meresap dengan lebih baik ke dalam folikel rambut.

Keramas dengan Air Dingin

Cara merawat rambut berwarna yang keempat dengan mencuci rambut atau keramas menggunakan air dingin. Hal ini adalah salah satu cara perawatan rumahan yang paling mudah untuk menjaga ketahanan warna rambut Anda. Dengan cara keramas menggunakan air dingin, kutikula rambut menjadi lebih terjaga sehingga hasilnya rambut menjadi lembut dan bercahaya.

Keramas dengan memakai air hangat justru merampas kelembapan alami rambut dan membuat rambut menjadi kering. Untuk itu, hindari keramas dengan air panas apabila Anda memiliki rambut yang diwarnai.

Gunakan Minyak Zaitun

Cara merawat rambut berwarna yang kelima dengan memanfaatkan minyak zaitun atau olive oil. Minyak zaitun sangat terkenal karena manfaatnya yang luas untuk mempercantik penampilan. Minyak zaitun diketahui mengandung nutrisi yang baik dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengusapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara lembut dan perlahan, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelahnya, cuci rambut seperti biasa dengan air dingin dan sampo hingga bersih. Rambut berwarna Anda akan jadi berkilau sehat dan lembut. (*)

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: