SIMAK! Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Laptop Jadi Cepat Rusak

BNews—MAGELANG— Laptop merupakan perangkat elektronik yang saat ini sangat diperlukan. Bukan hanya untuk pekerja kantoran saja, namun kini banyak pelajar yang menggunakan laptop untuk berbagai aktivitas pembelajaran.

Untuk itu sangat penting menjaga laptop agar dapat digunakan secara optimal dan tidak cepat rusak. Berikut kebiasaan yang menyebabkan laptop cepat rusakhttps://play.google.com/store/apps/details?id=com.borobudurnews.app dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/10).

Charger Laptop Saat Baterai Belum Habis

Hal ini sering dilakukan semua orang agar menjaga laptop tetap menyala saat digunakan.

Sebaiknya hindari mengisi daya laptop saat persentase baterai di atas 30 persen dan saat baterai kosong, kedua hal tersebut dapat membuat kualitas baterai berkurang.

Meletakkan Benda b=Berat di Atas Laptop

Laptop merupakan benda elektronik yang rentan terhadap suatu benda. Apalagi jika meletakan benda berat di atas laptop, hal tersebut beresiko merusak layar laptop. Jika sampai mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan muncul garis vertical dan horizontal.

Meletakkan Laptop di Pangkuan

Sebagian orang biasanya melakukan hal ini saat sedang menggunakan laptop. Ternyata hal ini dapat menyebabkan laptop cepat rusak. Memangku laptop dapat membuat aliran udara di bawah laptop terhambat sehingga udara panas dari laptop terperangkap.

Laptop harus bekerja lebih keras saat sirkulasi udara tertutup. Karena itu laptop cepat panas dan menimbulkan overheat yang dapat merusak komponen laptop.

Meletakkan Benda Cair di Dekat Laptop        

Laptop merupakan benda elektronik yang berisiko rusak jika terkena benda cair. Hindari meletakkan benda caii seperti kopi, air atau jus.

Memasang Charger Laptop Kurang Tepat

Ini merupakan hal sepele bagi para pengguna laptop saat ingin mengisi daya. Sebagian besar jika ingin mengisi daya laptop memasang charger ke laptop terlebih dahulu baru memasang colokan ke saluran listrik.

Ternyata itu cara yang salah dan dapat merusak laptop karena loncatan daya pada colokan listrik masih tidak stabil. Cara yang tepat adalah memasang kabel charger ke listrik terlebih dahulu baru memasangkan ke laptop. (ifa/han)

Sumber: Harian Merapi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: