Simak!!! Tips Rayakan Lebaran Meski Jauh dari Keluarga

BNews—TIPS— Pemerintah membuat kebijakan peniadaan Mudik Lebaran 2021. Sehingga masyarakat di perantauan tidak dapat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga.

Tentunya hal tersebut membuat perantau tidak bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Hal itu pun bukanlah sesuatu yang menyenangkan, apalagi ini merupakan tahun ke dua.

Apa daya, pilihan sulit ini harus dibuat demi menekan penyebaran Covid-19. Meski sendirian, bukan berarti kita harus merayakan Idul Fitri dengan rasa sedih. Dihimpun dari Kompas.com, berikut tips rayakan Lebaran agar tetap seru meski jauh dari keluarga.

Silaturahmi Virtual

Kita mungkin sudah berpengalaman melakukan silaturahmi virtual tahun lalu. Untuk sementara, lanjutkan tradisi ini untuk menyampaikan permintaan maaf dan doa di Hari Raya Idul Fitri. Bisa juga mengatur jamuan makan secara virtual bersama orangtua dan saudara.

Pesan makanan favorit untuk disantap bersama meski harus terhubung lewat kamera. Meski jauh di mata, harapannya cara ini membuat kita lebih bisa mendekatkan hati dengan orang tersayang.

Menikmati makanan kaya nutrisi

Opor ayam, rendang sapi, dan ketupat mungkin agak terasa merepotkan untuk disiapkan jika hanya berlebaran seorang diri. Sebagai gantinya, tak ada salahnya menyantap panganan lebaran yang lebih sehat dan bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Misalnya saja salad atau gado-gado yang kaya sumber vitamin, mineral dan berbagai nutrisi baik lainnya. Apalagi saat ini kita masih dibayangi ancaman pandemi gelombang kedua yang lebih berbahaya, makanan kaya nutrisi tentu bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Ikuti protokol kesehatan

Karena sendirian di perantauan, kita mungkin tergoda menghabiskan waktu dengan berkumpul bersama rekan kantor atau teman yang juga tak bisa mudik. Sebelum melakukannya, pertimbangkan risiko kesehatannya.

Akan lebih baik jika kita tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker. Kurangi aktivitas keluar rumah yang tidak bermanfaat untuk menekan penyebaran Covid-19.

Bersedekah

Biasanya kita mengeluarkan banyak dana untuk biaya mudik dan berbagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kali ini, gunakan dananya untuk hal yang lebih bermanfaat dengan bersedekah kepada yang tidak mampu. 

Terlebih lagi sedekah merupakan salah satu anjuran untuk umat Islam di seluruh dunia. Kondisi pandemi juga membuat lebih banyak orang kesulitan dan butuh bantuan.

Dress up

Lebaran sendirian bukan berarti tidak perlu tampil maksimal. Kenakan busana terbaik dan dandani wajah dengan gaya make up favorit untuk meningkatkan mood kita di hari raya.

Keputusan untuk dress up bisa jadi penanda hari istimewa yang datang setelah sebulan berpuasa ini. Selain itu, ini akan memberikan efek yang berbeda dibanding hari-hari biasanya. Tak ada salahnya berfoto dan diunggah ke media sosial untuk melengkapi hari kemenangan yang sedang kita rayakan. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: