Pasar Ikan Bersih Di Secang Resmi Dibuka

BNews—SECANG—Untuk meningkatkan daya konsumsi ikan di Magelang  dibuka Pasar Ikan Bersih di Desa Ngabean Kecamatan Secang Kabupaten Magelang (28/3). Hal ini melihat tingkat konsumsi ikan di wilayah ini masih dinilai rendah.

 

PJS Bupati Magelang Tavip Supriyanto yang diwakili Asisten 1 Pemkab Magelang,Agung Trijaya menerangkan bahwa dengan keberadaan pasar ikan ini mampu meningkatkan perekonomian pedagang dan konsumsi ikan masyarakat. “Data yang dikeluarkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang diketahui  bahwa konsumsi ikan di Magelang masih 18,6 kg per kapita tiap tahunya, sedangkan tingkat Nasional telah mencapai 43,8 kg perkapita tiap tahunnya hal ini menujukan angka yang cukup rendah,” katanya.

 

Sedangkan Kasubdit Kemitraan Dirjen Penguatan Daya Saing Kementrian Kelautan dan Perikanan, Tri Wahyuni yang hadir pada kesempatan ini mengatakan, bahwa tugas utama pihaknya adalah menjaga mutu pangan khususnya ikan yang ada dimasyarakat.

 

“Kita akan menjaga mutu kualitas ikan mulai dari hulu hingga hillirnya,” katanya.

 

“Posisi riskan kondisi ikan itu saat berada dipasar, jika tidak dikelola dengan baik atau sesuai SOP maka ikan tidak akan layak dikonsumsi oleh masyarakat, maka dengan itu dengan keberadaan pasar khusus ikan ini bisa menjaga kualitas ikan dengan adanya pembinaan-pembinaan kepada pedagang,” imbuhnya.

 

DPD PKS Magelang Ramadhan

Turut hadir Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini didampingi Kades Ngabean, Imron menjelaskan bahwah pasar ini hanya dibuka pagihari mulai pukul 02.00 wib hingga 07.00 wib. “Dulu hanya ada dua pedagang saja, namun semakin berkembang menjadi 16 pedagang dan 42 pengecer,” imbuhnya.

 

“Perlu diketahui masyarakat bahwa di Pasar ini tidak hanya menjual ikan air tawar saja, namun ikan laut juga, dan kedepan harapannya bisa dibuka sampai siang dengan dilengkapi lagi fasilitas lainnya sehingga kesehjateraan pedagang maupun pengecer ikan semakin meningkat,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: