Surga Tersembunyi di Magelang Puncak Banyak Angkrem Salaman

BNews–MUNGKID– Wisata negeri diatas awan beberapa waktu terakhir viral di wilayah Kabupaten Magelang. Ternyata selain yang sedang viral, banyak lokasi di Magelang yang menyuguhkan hamparan negeri diatas awan lainnya.

Salah satunya yang berada di Perbukitan Menoreh yang merupakan surga tersembunyi yang belum banyak terjamah oleh para orang. Surga tersembunyi itu bernama Bukit Banyak angkrem, tapi warga sekitar menyebutnya dengan Gunung Banyak Angkrem.

Usut punya usut, konon katanya nama tersebut terpilih karena bentuk Gunung yang mirip Banyak Angkrem. Atau dalam bahasa indonesia mirip “Angsa Mengerami telur-telurnya” .

Gunung Banyak Angkrem terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Dan terdapat beberapa titik awal dan jalur pendakian yang bisa dilalui.

Meskipun belum ada Basecamp resmi, banyak pengunjung yang datang ke Banyak Angkrem. Biasanya mereka mulai naik bisa start dari 2 Desa yang berbeda Kabupaten, yaitu Desa Kalirejo yang ikut Kabupaten Magelang dan Desa Pekacangan yang ikut Kabupaten Purworejo.

Untuk Rute via Desa Kalirejo apabila dari Kota Magelang kalian bisa ambil ke arah Purworejo. Setelah sampai di pusat kota Salaman ada bundaran ambil ke arah kiri atau ke arah Candi Borobudur.

Dari Bundaran sekitar 500 km akan ada pertigaan lalu ambil ke kanan, dari situ hanya skill bertanya yang bisa membawa kita ke lokasi awal pendakian. Hal ini karena memang kondisinya belum ada basecamp resmi.

Loading...
FULL LENGKAP DATA WISATA DI MAGELANG (KLIK DISINI)

Smentara rute via Desa Pekacangan lebih rumit, yaitu apabila dai kota Salaman ambil ke arah Purworejo. Setelah sampai pos ojek kalijambe ambil kiri, setelah sampai Desa Pekacangan masih harus masuk ke dusun sijeruk, perempatan ke arah sijeruk patokanya setelah SMP 37 Purworejo. Dari situ masih harus melalui medan yang sulit untuk mencapai dusun terakhir tersebut. Sehingga disarankan agar melalui jalur yang lebih mudah yaitu Jalur kalirejo Salaman Magelang.

Camping di Puncak Banyak Angkrem Salaman Magelang_Foto Belalang Tua
Camping di Puncak Banyak Angkrem Salaman Magelang_Foto Belalang Tua

Waktu yang tepat untuk ke Gunung Banyak Angkrem adalah pada pagi hari, saat dimana sunrise khas menoreh menampakkan keanggunanya. Selain itu pada saat pagilah hampir semua Gunung di Jawa tengah nampak jelas dan gagah.

Tampak dari puncak Banyak Angkrem seperti Gunung Tidar, Sumbing, Sindoro, Slamet, Ungaran, Andong dan Merapi Merbabu yang nampak sangat jelas didepan mata. Sehingga start Pendakian harusnya pada pukul 3 pagi atau camping sekalian di Puncaknya, walau hanya muat sekitar 5 tenda di Puncaknya.

Banyak Angkrem mempunyai 2 puncak yang terdiri dari puncak bayangan dan puncak sejati. Dan untuk mencapai puncak memang harus sedikit perjuangan karena memang terdapat beberapa medan yang cukup terjal dan licin. Namun, akan terbayar puas saat sampai diatas dan menikmati surga tersembuyi tersebut. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: