Talang Londo di Secang Magelang, Peninggalan Belanda yang Bisa Jadi Alternatif Tempat Liburan

BNews—MAGELANG— Kabupaten Magelang memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan mempesona. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata air, wisata religi hingga wisata buatan.

Salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Magelang yakni Talang Londo yang berada di Dusun Kaligaleh, Desa Kalijoso, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

Pengelola Talang Londo, Prastiyo mengungkapkan bahwa Talang Londo merupakan bangunan peninggalan Belanda yang masih berfungsi dengan baik sampai sekarang. Saluran irigasi tersebut dibangun sekitar tahun 1880-an.

”Talang Londo ini kemudian kami buat sebagai destinasi wisata. Karena ini merupakan salah satu potensi yang ada di desa kami,” ungkapnya, Jumat (4/11/2022).

Dia menjelaskan, destinasi yang digagas oleh Bumbes Kastara ini dirintis sejak tahun 2019 lalu. Kemudian awal tahun 2020, mulai dibersihkan dan akhir tahun 2020 dibuka wahana perahu.

”Kapasitas perahu untuk dewasa bisa enam orang, sementara anak-anak delapan orang. Tiket wahana perahu Rp5.000 rupiah per orang,” jelasnya.

Selain wahana perahu, di tempat tersebut terdapat fasilitas aula meeting, spot selfie dan warung makan. Dari lokasi Talang Londo, pengunjung juga bisa melihat pemandangan hamparan sawah dan Bukit Giyanti.

Lanjut Prastiyo, rata-rata wisatawan yang datang sekitar 140 orang per minggu. ”Yang ramai itu hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung mulai dari keluarga, rombongan anak sekolah hingga rombongan dewasa,” imbuhnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!