Tempat Pembuangan Sampah Pagerasari Akan Jadi Percontohan


            BNews—MUNGKID—Tempat pembuangan sampah (TPS) di Dusun Pagergawanng Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang akan menjadi TPS percontohan. Pengelola mulai mempersiapkan sistem pengelolaan hingga pendayagunaan sampah untuk kepentingan masyarakat.
            Ketua KSM Sumber Rejeki Siti Walhidayah mengatakan TPS akan dikelola dengan sistem 3R (Reuse, Reduce dan Recycle). Penerapan sistem 3R menjadi salah satu solusi pengelolaan sampah. Dimana, sampah akan dikelola menjadi kompos atau memanfaatkan sampah menjadi barang kerajinan yang bermanfaat bagi masyarakat.
            Dia mengatakan, TPS ini menghabiskan anggaran Rp 550 juta, terdiri dari dana bantuan dari APBN sebesar Rp 301 juta, APBD Kabupaten Magelang Rp 131 juta, dan dana pendamping dari  APBDes Rp 20 juta. 
            “Total dana tersebut, selain untuk pembangunan gedung, juga untuk kegiatan sosialisasi, pendampingan bagi anggota, peningkatan anggota KSM dengan studi banding ke luar daerah untuk meningkatkan pengetahuan anggota, serta pembangunan jaringan listrik dan lainnya,” kata Siti Wakhidayah.
            Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Kabupaten Magelang, Urip Raharto mengatakan TPS berbasis 3R dari masyarakat harus dibangun dengan baik. Mengingat persoalan sampah kini dalam kondisi darurat dan overload.
            Menurut Urip Raharto, pengelolaan sampah harus dimulai dari hulu atau dari masyarakat, mengingat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah tingkat regeonal, sudah sangat  merisaukan. Bahkan isu sampah dan lingkungan sangat sensitif, maka perlu dikembangkan untuk program pengelolaan sampah ditingkat masyarakat harus menjadi percontohan, karena dapat dilaksanakan oleh setiap dalam kegiatan sehari-hari. (bn1)
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: