Teror Ular, Begini Caranya Menghindari Ular Masuk Rumah

BNews—NASIONAL—Fenomena meningkatnya kemunculan ular kobra di sekitar kita belakangan ini tidak lepas dari faktor kemarau berkepanjangan. Siklus musim penghujan yang mundur dari bulan September ke Desember menyebabkan banyak telur ular menetas sempurna.

Padahal, di tahun-tahun sebelumnya, musim hujan biasanya sudah jatuh di bulan September. Sehingga banyak telur ular kobra membusuk terlebih dahulu sebelum menetas. Sedang Desember merupakan masa-masa bagi telur kobra menetas.

Desember ini saja, Komunitas Snake Rescue Magelang (SRM) menerima sedikitnya 17 laporan warga yang memasuki permukiman. Banyak ular sampai masuk ke rumah-rumah penduduk. Situasi tersebut jelas menjadi ancaman. Terutama bagi mereka yang memiliki anak.

Guna mengantisipasi fenomena tersebut, Borobudur News berbagi tips cara mencegah hewan melata khususnya ular kobra masuk ke dalam rumah.

Pertama, pastikan rumah bersih dan rapi. Luangkan waktu untuk membersihkan dan merapikan perabotan ruma. Termasuk membuang barang-barang bekas yang tidak terpakai. Sehingga tidak ada celah bagi tikus untuk bersembunyi.

Sebab, hewan pengerat tersebut merupakan makanan utama dan alami sang ular. Kemudian tutup lubang-lubang yang berpotensi menjadi tempat masuk ular. Seperti rangka pintu atau pintu kondisinya apakah berlubang. Saluran pembungan air juga harus tertutup dengan baik dengan. Minimal ada teralis atau saringan penghalang yang kuat.

Kedua, potong rumput dan dahan pohon di sekitar rumah. Rumput yang tinggi menjadi tempat terbaik ular untuk bersembunyi dan merayap. Pangkas dahan pohon yang menyentuh rumah atau lubang jendela.

Ketiga, beri wangi-wangian. Pengharum ruangan yang ditaruh atau disemprot di pojok ruangan lebih efektif dibanding mempercayai mitos menaburkan garam ke sekitar rumah. Pemberian garam terbukti tidak memiliki efek apapun karena ular tidak takut terhadap garam. Berilah wangi-wangian dari bahan campuran minyak kayu manis dan cengkeh.

Terakhir, kurangi kelembaban ruangan. Kondisi lembab dan tidak terurus menjadikan tempat yang nyaman bagi lokasi bersembunyi ular. Gunakan produk penghisap kelembaban udara yang tersedia di pasaran untuk ruang-ruang yang berpotensi lembab. Penggunaan kapur barus atau karbol juga membantu.

Itulah beberapa tips mencegah ular masuk rumah paling efektif. Sebaiknya Anda mulai sekarang melakukan hal tersebut karena sudah banyak kasus ular kobra masuk ke dalam rumah di musim penghujan ini. Selamat mencoba. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: