Terus Berkembang, BMT BIMA  Salurkan Dana Hingga Rp 551 Miliar

BNews—MAGELANG— Koperasi Simpan Pijam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) BIMA menunjukkan progress yang cemerlang setiap tahunnya. Hingga akhir tahun lalu lembaga keuangan berbasis syariah ini sudah menyalurkan pembiayaan hingga Rp 551 Miliar.

 

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KSPPS BMT BIMA Abdul Hadi Nashir di sela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Hotel Atria Kota Magelang, kemarin (21/3). RAT juga dihadiri oleh Kabid Partisipasi Modal dan Usaha, Kementrian Koperasi dan UKM RI, Puji Martini.

 

“Diusia yang ke 24 tahun ini, BMT Bima telah meraih asset sebesar Rp 124.851.370.801 per Desember 2018 dan meyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan dengan sistem syariah sebesar Rp 551.683.980.551 kepada anggota untuk berbagai sektor usaha yang tergolong usaha mikro, kecil dan menengah. Disetiap akhir tahunnya, BMT Bima juga selalu diaudit oleh auditor eksternal,” kata dia.

 

Hadi mengatakan selain aktifitas yang bersifat profit oriented, BMT Bima juga bergerak di bidang sosial. Melalui Baitul Maal Bima pihaknya menghimpun dana zakat, infaq dan shodaqoh dari masyarakat untuk disalurkan ke berbagai aktifitas. “Seperti pembiayaan kebajikan untuk dhuafa, beasiswa, aksi tanggap bencana, khitanan massal, ambulance murah dan aktifitas sosial lainnya,” paparnya.

 

Bahkan, lanjutnya, sebagai bentuk peningakatan layanan kepada masyarakat, Bulan April mendatang, pihaknya akan menambah satu kantor layanan di Temanggung. Sehingga BMT BIMA memiliki satu kantor pusat, sembilan Kantor Cabang dan tiga Kantor Cabang Pembantu diberbagai kecamatan di Wilayah Kab/Kota Magelang, Kab Sleman dan Kab Temanggung.

“Dengan penyebaran kantor diberbagai wilayah ini, diharapkan semakin  meningkatkan pelayanan serta perannya dalam mengemban amanah dan mengembangkan ekonomi ummat,” tambah dia.

 

Dalam acara RAT tersebut juga digelar kegiatan Gebyar Promo. Yakni pemberian program tali asih tanpa diundi kepada anggota penyimpan yang memiliki simpanan minimal 5 juta dan mengendap minimal 1 tahun.

 

Selain pemberian tali asih gebyar promo, juga dilakukan penyerahan sebagian bagi hasil dari program Simpanan Berjangka Inovatif (SBI) berupa 2 unit sepeda motor Honda Vario 150. SBI merupakan simpanan berjangka waktu 2 tahun yang sebagian bagi hasilnya dapat diterima di awal investasi. (bn1)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: