Tetap Izinkan Hajatan dan Pasar Buka Saat ‘Jateng di Rumah Saja’, Pemkab Magelang: Patuhi Protokol Kesehatan2

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang mendukung pemberlakuan gerakan ’Jateng di Rumah Saja’ yang akan dilaksanakan pada 6-7 Februari 2020. Kabar baiknya, pemerintah daerah tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dengan memberikan kelonggaran izin acara hajatan dan memperbolehkan pasar tradisional untuk tetap buka.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengungkapkan bahwa Pemkab Magelang memberi kelonggaran izin untuk aktivitas masyarakat. Dengan cacatan, tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

”Kebijakan bapak bupati, tidak menutup pasar, toko dan mall. Namun membatasi jam operasionalnya sampai pukul 17.00WIB,” ungkapnya, saat konferensi pers Penanganan Covid-19 di Setda Pemkab Magelang, Jumat (5/2/2021).

Kemudian untuk acara hajatan, kata Nanda, harus mendapat izin dari ketua Satgas Penganganan Covid-19 Kabupaten Magelang yakni Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

”Kalau sudah mendapat izin dari Bupati Magelang selaku ketua satgas, ya silahkan dilaksanakan. Tapi kembali lagi, tetap patuhi secara ketat protokol kesehatan,” ujar dia.

”Dan perlu diketahui, izin yang diberikan hingga saat ini hanya berlaku untuk (maksimal) 50 orang. Artinya, ini sejalan dengan kebijakan gubernur (Ganjar Pranowo) untuk tidak mengundang tamu,” sambungnya.

Sementara untuk mendorong penurunan tingkat kematian akibat Covid-19, lanjut Nanda, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang diminta untuk mempercepat ketersediaan tempat tidur (TT). Baik untuk TT ICU dan TT isolasi di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

”Ketersediaan dengan proporsi aman yakni TT isolasi minimal 30 persen dari ketersediaan TT dan TT ICU minimal 15 persen. Serta mengoptimalkan penyediaan ruang isolasi terpusat,” imbunya.

Kemudian melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi sesuai sasaran, target dan tahapan. Dengan catatan, tetap menjaga dan meningkatkan kinerja pencapaian vaksinasi yang sudah tercapai. (mta/han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: