Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Petani di Magelang Ikuti Bimtek Pengendalian OPT

BNews—MAGELANG— Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementan bersama Komisi IV DPR RI menggelar bimbingan teknis bagi sejumlah petani di Magelang. Kegiatan digelar di Wisma Sejahtera, Kota Magelang pada Rabu (20/7/2022).

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina dalam sambutannya mengungkapkan bimtek kali ini berfokus pada peningkatan produktivitas padi dan jagung dengan mengintensifkan pengendalian OPT.

”Ini merupakan Bimtek kedua yang kami selenggarakan. Setelah hari sebelumnya kami fokuskan pada teknik pembuatan dan manfaat penggunaan pupuk organik,” ungkapnya.

Dia menyebut, fokus pembahasan pada bimtek tersebut merupakan satu kesatuan dalam upaya peningkatan kapasitas petani. Pengendalian OPT juga sangat erat kaitannya dengan pola dan cara pemupukan. Karena yang kita pahami bersama bahwa penggunaan pupuk organik juga menjadi salah solusi untuk menghindari penyakit-penyakit yang sering muncul pada tanaman.

”Pada bimtek ini, harapannya para petani untuk komoditas tanaman pangan, seperti padi dan jagung yang ada di Magelang juga akan dibekali ilmu bagaimana cara melakukan deteksi dini perkembangan OPT untuk mencegah gagal panen.

Serta bagaimana strategi pengendalian yang tepat dengan memperhatikan keberlangsungan ekosistem dan unsur hara yang ada di dalam tanah,” imbuhnya.

Vita memaparkan, peserta bimtek kali ini adalah ketua atau perwakilan Kelompok Tani penerima bantuan pupuk hayati cair di Magelang yang berjumlah 141 kelompok.

”Dari 141 kelompok tersebut, dibagi menjadi 2 gelombang. Yang mana gelombang pertama pada Selasa (19/7/2022) kemarin,” paparnya.

Sebagai informasi, dalam bimtek tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan benih padi kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang. Yang mana nantinya akan diserahkan kepada kelompok tani khususnya penangkar benih. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: