IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Tips Mengembangkan Keamanan Website Dari Serangan Hacker

BNews—TEKNO— Laporan yang diterbitkan berkala oleh Whitehat Security menunjukkan bahwa setidak-tidaknya 86% website di dunia memiliki satu atau lebih celah keamanan.  Hal ini bukan hanya berlaku untuk website berukuran kecil (personal), namun juga berlaku untuk website perusahaan besar (corporate).  

Dengan perkembangan website-website yang semakin hari semakin kompleks dan semakin banyak pula pihak yang menggunakan internet. Sehingga penting untuk membekali diri dengan pengetahuan mengamankan dari berbagai ancaman digital.

SELALU BACKUP DATA dan FILE

Dewaweb dengan fitur Time Machine Backup nya akan melakukan backup otomatis bagi website Anda, 2 kali sehari setiap hari nya (pagi dan malam hari.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan backup cPanel secara manual (Full cPanel Backup).  Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress/Joomla/Drupal dll, ada juga plugins/extentions yang bisa Anda tambahkan pada website Anda untuk melakukan backup secara terjadwal dan otomatis.

Jasa backup pihak ketiga seperti Carbonite dan Mozy – walau mungkin relatif mahal – bisa membantu Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja untuk melakukan backup website/data.

LAKUKAN ENKRIPSI PADA HALAMAN SENSITIF

Loading...

Halaman sensitif yang dimaksud adalah halaman-halaman website Anda dimana kita akan memasukkan data-data sensitif seperti misalnya username dan password.  

Sebagai contoh, halaman login WordPress (dashboard), yakni pada folder wp-admin.  Atau contoh lain, halaman login administrator pada Joomla yakni pada folder administrator.  Contoh lainnya, adalah halaman untuk mengakses email.

Halaman-halaman ini, jika tidak menggunakan jalur komunikasi data yang aman, akan sangat mudah bagi seorang hacker dalam mencuri data-data sensitif kita tersebut.  Pengamanan halaman-halaman semacam ini bisa kita lakukan dengan mudah sebenarnya, yakni dengan menggunakan SSL.

BATASI PENYEBARAN INFORMASI SENSITIF

Terkadang kita tidak bisa menghindari penyebaran informasi-informasi sensitif yang kita miliki, misalnya username dan password untuk login ke cPanel dan lain sebagainya. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: