Tips Tingkatkan Kesuburuan Pria, Sang Suami Wajib Tahu

BNews–KESEHATAN– Hubungan suami istri, berbicara soal kesuburan tidak hanya fokus kepada kaum perempuan saja. Ternyata kesuburan pria juga bisa terganggu.

Kketidaksuburan atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan infertilitas dapat terjadi pada wanita maupun pria.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa infertilitas merupakan sebuah gangguan sistem reproduksi yang dapat menyebabkan kegagalan pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan.

Hal itu dalam kurun waktu satu tahun atau lebih pernikahan, sekalipun telah berhubungan intim secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Kondisi ini pun dapat menjadi suatu hal yang sensitif dalam kehidupan rumah tangga. Bahkan, hal ini bisa menjadi salah satu faktor ketidakharmonisan keluarga.

Oleh sebab itu berbagai upaya untuk menjaga atau meningkatkan kesuburan pria juga perlu diberhatikan. Semua ini demi keberlangsung keluarga yang harmonis juga.

Untuk itu, Dr. Marc Cohen, Pakar Kesuburan membagikan beberapa tips untuk para pria atau suami Anda tentang cara meningkatkan kesuburannya sebagai berikut.

Loading...
Cara Meningkatkan Kesuburan Pria
1. Makanan

Dikutip dari Bounty Parents, makanan yang dikonsumsi pria secara langsung dapat mempengaruhi produksi testosteron dan air mani. Hal inilah yang nantinya juga akan memberikan pengaruh pada kesuburan pria. Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh dan gula tinggi dapat mempengaruhi kesuburan pria menjadi lebih buruk.  

Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi ini dapat diatasi apabila pasangan dapat melakukan diet lemak tak jenuh dengan mengonsumsi berbagai jenis sayuran, biji-bijian, dan ikan. Cara ini pun dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria.

2. Jaga Organ Reproduksi

Hindari cedera pada testis! Karena kerusakan testis akibat cedera yang biasanya disebabkan oleh suatu pekerjaan atau olahraga misalnya dapat menyebabkan kemandulan. Selain itu, pasangan Anda juga perlu memperhatikan agar area testis tidak terlalu panas. Sebab, suhu tinggi dapat menekan fungsi sperma dan menurunkan kesuburan.  

Usahakan, Anda dapat memilih pakaian dalam untuk pasangan Anda yang berbahan nyaman dan tidak ketat. Jika suami senang sauna atau mandi air panas, sebaiknya mulai dikurangi agar tak mengganggu kesuburannya. Meletakkan benda panas, seperti laptop di area selangkangan pun ada baiknya dihindari.

3. Ubah Gaya Hidup

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi kualitas sperma, mulai dari konsentrasi, pergerakan, bentuk, hingga tingkat testosteron sperma. Tak hanya alkohol, merokok juga dapat menurunkan fungsi organ reproduksi pria. Kebiasaan merokok ini dapat menurunkan semua parameter normal sperma, baik jumlah spermatozoa, kemampuan gerak, serta bentuk dari spermatozoa itu sendiri, Moms.

4. Teknologi

Studi terbaru menunjukkan bahwa radiofrequency (RF) dan radiasi yang dipancarkan gadget dan perangkat elektronik lainnya berdampak negatif pada kualitas sperma. Kendati penggunaan gadget ini tak dapat dihindari oleh siapa pun, ada baiknya Anda mulai menjauhkan barang tersebut dari area genital (tak menaruh hp di saku celana misalnya) dan mematikan hp atau menggunakan airplane mode di malam hari untuk mengurangi paparan RF tersebut.

Perubahan gaya hidup sederhana ini sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria atau pasangan Anda. Namun, apabila berbagai hal tersebut sudah dilakukan tapi tidak ada perubahan yang signifikan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. (*/Lubis)

JALAN JALAN WISATA DI MAGELANG (KLIK)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: