TOILET GRATIS! Tapi Ada Kotak Uang dan Dijaga, Ini Penjelasan Resmi Pertamina

BNews—MAGELANG— Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), umumnya disediakan fasilitas salah satunya adalah toilet. Biasanya di fasilitas toilet, khususnya milik Pertamina, terdapat petugas yang berjaga.

Selain itu juga ada semacam kotak uang yang ditempatkan di depan toilet sebagai tempat membayar setelah memakai fasilitas toilet. Akan hal tersebut, sebenarnya apakah pelanggan SPBU Pertamina harus membayar atau gratis saat menggunakan fasilitas toilet?

Menanggapi hal ini, Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III PT Pertamina (Persero), Eko Kristiawan angkat bicara. Ia menjelaskan, pungutan yang dilakukan di sejumlah SPBU Pertamina ini merupakan sukarela.

Artinya, pelanggan tidak dipaksa untuk memberikan uang saat menggunakan fasilitas toilet tersebut. ”Menggunakan toilet di SPBU tidak bayar, kalau mau ngasih itu sifatnya sukarela,” jelasnya, baru-baru ini.

Meski gratis, memang tak sulit menemukan SPBU yang memasang tarif toilet. Baik itu di DKI Jakarta ataupun di daerah-daerah yang biasanya SPBU memasang tarif Rp 2 ribu untuk sekali menggunakan toilet.

Menurut Eko Kristiawan hal itu tujuannya tak lebih untuk pengelolaan toilet saja. ”Umumnya (pungutan) untuk pengelola kebersihan toilet, kurang lebih demikian,” pungkasnya. (ifa/han)

5 Comments
  1. reza says

    Harusnya ga usah ada acara sukarela-sukarela, harusnya tegas dilarang!

    Pengusaha SPBU beli BBM miliaran, menggaji orang untuk membersihkan toilet dan beli sabun sikat pengharum toilet harus mengandalkan sukarela?! Konoyaro! Bakayaro!!

    1. Adhi says

      Betul bgt, harusnya gk usah ada kotak uang dan penjaganya karena itu memang fasilitas wajib spbu dan gratis

  2. H Abdul Ma'ad says

    Di SPBU manapun sekarang toilet nya HARUS bayar, karena dikasih kotak dan dijaga seperti ponten umum, kalau memang tidak bayar, ya gak usah dikasih kotak dn dijaga, apalag dengan alasan sukarela

  3. Joe says

    Maksa cuy dgn ditonjolin duit atau tulisan ditempel besaran Rp 2.000 klo kencing,bab sekitar 3rban hrs lepas sendal pula.Ribet bgt klo mau pakai fasilitas itu yg udah2.

  4. Zay says

    Sukarela….. Tp klo g ngasih ,,,,suka d minta bari stengah maksa

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: