Total Pemilih Sementara Pilkada Magelang 969.704

BNews—MERTOYUDAN— Tahapan Pemutahiran Data Pemilih (Mutralih) sudah sampai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU Kabupaten Magelang kemarin di Aula Pertemuan Grand Artoz Hotel Mertoyudan Magelang (14/3). DPS ini nantinya dipersiapkan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2018 serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.

 

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin menerangkan dalam Pleno tersebut telah ditetapkan Daftar Pemilih Sementara dari 21 jumlah kecamatan, dengan jumlah desa dan kelurahan 372 dan jumlah TPS 2629.”Dengan rincian jumlah Daftar Pemilih Sementara yaitu laki-laki berjumlah  483.039  pemilih dan perempuan berjumlah  486.665 pemilih dengan jumlah total 969.704 pemilih se Kabupaten Magelang,” katanya.

 

“Nanti semua Data DPS ini akan ditempel sesuai desa-desa masing-masing, dengan harapan jika ada warga yang belum tercoklit bisa melapor kepada petugas tingkat Desa yakni Panitian Pemilihan Desa (PPS),” imbuhnya.

 

Afiffudin menambahkan, Untuk sementara data  Pemilih Tidak Memenuhi syarat (TMS) seperti warga yang berubah status dari warga sipil menjadi TNI ataupun Polri, warga pindah domisili ataupun meninggal dunia juga bisa dilaporkan kepetugas.”Nanti setelah DPS ditempelkan dan mendengarkan masukan masyarakat akan segera di rubah menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun tetap terus memantau daftarperubaha data di masyarakat hingga waktu pemungutan suara dilaksanakan,” tandasnya.

 

Sementara di wawancari terpisah Ketua Panwaskab Magelang, M.Habib  Shaleh memberikan apresiasi tinggi kepada KPU Magelang beserta jajaranya, PPK, PPS dan PPD yang sudah bekerja keras melakukan coklit, rekap hingga pleno utk menyiapkan data pemilih.”Ini tentunya adalah tahapan penting dalam pilkada, Di masa lalu DPT menjadi senjata peserta pemilu untuk menyalahkan penyelenggara pemilu ketika kalah dalam pemilu dan kita tidak ingin hal ini terjadi lagi,” katanya.

 

Mereka layak kita sebut sebagai Pejuang AKWK(Red.Data Pemilih), Namun demikian demi penyelenggaraan pemilu yg lebih baik, dan Panwas memiliki beberapa catatan untuk saran perbaikan ke depan agar bisa lebih baik dan sudah kami sampaikan ke KPU Kabupaten Magelang kemarin,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: