Toyota Luncurkan Mobil Hybrid Aqua Generasi Kedua, Ada Fitur Canggih Untuk Parkir

BNews—OTOMOTIF— Toyota meluncurkan mobil hybrid baru dengan harga sekitar Rp 260 jutaan. Hatchback hybrid baru ini secara basis masih saudara dangan Yaris namun memiliki wheelbase lebih panjang 50 mm.

Sosok hatchback hybrid baru ini bernama Toyota Aqua yang meluncur versi generasi kedua di Jepang, (19/7/21). Toyota Aqua dikembangkan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B.

Karena bermesin hybrid, tentu saja dilengkapi baterai jenis Bipolar Nickel-Hydrogen (NiH2) untuk motor listriknya. Berbeda dari baterai Aqua generasi pertama, baterai NiH2 Aqua generasi kedua diklaim dapat memberikan arus listrik yang lebih besar.

Toyota menyebutkan efeknya adalah respons akselerasi yang lebih baik dan lebih halus dari sebelumnya. Lalu untuk mesin penggerak hybridnya, Toyota sematkan mesin tiga silinder aspirasi normal berkapasitas 1.490 cc yang diberi kode M15A-FXE.

Mesin Toyota Dynamic Force tersebut dapat melontarkan tenaga maksimum 91 dk dan torsi puncak 120 Nm. Mesin tersebut bekerja bersama motor elektrik pada sistem hybrid Power-Split yang diklaim mampu menyemburkan tenaga gabungan 116 dk.

Paling menarik dari Toyota Aqua adalah fiturnya. Selain mendapatkan fitur keselamatan integratif Toyota Safety Sense, juga memiliki fitur Toyota Teammate Advanced Park dengan Parking Support Brake.

Fitur Advanced Park ini sejatinya memberikan Toyota Aqua generasi terbaru kemampuan untuk parkir secara otomatis.

Cukup menekan tombol Advanced Park di depan tempat parkir kosong dan mengoperasikan rem, fitur tersebut akan memanuver mobil masuk ke tempat parkir dengan sendirinya.

Toyota Aqua hanya tersedia untuk pasar Jepang saja dan dibanderol mulai dari 1.980.000 Yen atau sekitar Rp 262,12 juta untuk varian termurah B FWD. (Kurs 1 Yen Jepang = Rp 132,387). (mta)

Sumber: otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: