Tren Covid-19 Naik, Wali Kota Magelang : Jangan Mengartikan New Normal Sebagai Kebebasan

BNews—MAGELANG—Grafik kasus Covid-19 di Kota Magelang menunjukkan kenaikan beberapa waktu terakhir. Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang masih terus berupaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona dan menanggulangi dampak pandemi.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengimbau warga untuk senantiasa menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Hal tersebut disampaikannya melalui video yang diunggah di akun instagram Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang @diskominsta_magelang_kota.

”Jangan mengartikan new normal sebagai kebebasan. New normal adalah menjalani kehidupan dengan tatanan kebiasaan baru,” kata dia dalam video tersebut.

Selain itu, warga juga diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker yang benar, mencuci tangan dengan sabun, meningkatkan imunitas diri, hindari kerumunan  dan apabila tidak memiliki kepentingan yang mendesak, hindari bepergian ke luar daerah.

”Untuk sementara saya instruksikan jangan menerima tamu menginap yang berasal dari luar daerah. Mengingat saat ini, penyebaran Covid-19 masih sangat mungkin terjadi,” tandas Sigit.

Lanjutnya, dari sejumlah kasus Covid-19 yang terjadi, beberapa dari mereka diketahui baru saja melakukan perjalan ke luar daerah dan ada juga yang menerima tamu hingga bermalam. ”Karena diantara yang kita kunjungi maupun tamu yang datang kerumah, kita sama sekali tidak tahu riwayatnya. Kita tidak boleh mengambil resiko,” jelas dia.

”Cita-cita hanya satu, semoga keluarga kita sehat. Semoga kita semua dapat melewati pandemi ini dengan tetap aman dan produktif melalui penerapan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Perlu diketahui bahwa, sejak tanggal 15 Juni hingga 20 Juli 2020 atau satu bulan lebih, tidak ada kasus positif baru di Kota Magelang alias Nol kasus. Bahkan, Kota Magelang pun telah menjadi salah satu zona hijau atau zona tanpa kasus aktif positif corona.

Namun, kasus positif Covid-19 kembali muncul dengan adanya seorang pasien terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona setelah hasil tes PCR keluar pada Senin (20/7/2020). Diketahui pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Sementara jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Magelang, hingga Jumat (14/8/2020) pukul 18.00 WIB, sebanyak 75 kasus. Dengan rincian 47 diantaranya sembuh, tujuh dirawat, 13 pulang isolasi dan delapan meninggal dunia. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: