Ular Piton Diusulkan Jadi Bahan Makanan Karena Populasi Meningkat

BNews–NASIONAL-– Ular piton atau sering disebut ulat burma menjadi salah satu spesies ular yang sering ditemukan di kawasan Florida Amerika Serikat beberapa waktu ini. Saking banyaknya ular jenis ini diusulkan untuk dijadikan menu makanan baru di restoran-restoran.

Melansir New York Post, Kamis (24/12/2020), ular sanca atau piton merupakan ular tak berbisa yang banyak ditemukan di Florida Selatan. Namun, keberadaan hewan ini dapat mengancam keberadaan satwa liar asli di wilayah tersebut.

Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida (FWC) mengusulkan agar masyarakat mengkonsumsi daging ular piton untuk mengendalikan populasi hewan tersebut.

Namun sebelum itu, FWC yang berkerja sama dengan Departemen Kesehatan Florida harus memastikan kadar merkuri dalam ular rendah. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

“Ini adalah proses awal untuk studi merkuri. Kami saat ini berada dalam tahap pengumpulan jaringan dari proyek tersebut. Rencananya sebagian besar sampel ini berasal dari ular piton yang ditangkap oleh program kontraktor kami.” kata juru bicara komisi satwa liar Susan Neel.

Program kontaraktor adalah Program Eliminasi Piton yang dijalankan FWC bersama Distrik Pengelolaan Air Florida Selatan. Sejauh ini, program itu telah berhasil membasmi lebih dari 6.000 ular piton dari Everglades.

Manajer program, Mike Kirkland, berharap ular piton ini aman untuk dikonsumsi manusia agar dapat membantu mengendalikan populasi hewan tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kami berharap hasilnya akan membuat masyarakat enggan mengonsumsi ular piton, tetapi jika kami dapat memastikan bahwa mereka aman untuk dimakan, itu akan sangat membantu untuk mengendalikan populasi mereka,” kata Mike.

Donna Kalil, salah satu pemburu ular piton mengaku bahwa daging ular tersebut sangatlah enak. Dia suka memasaknya menjadi dendeng.

“Sangat enak jika Anda memasaknya dengan benar. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk melibatkan lebih banyak orang dalam membantu kami menghilangkan ular sanca dari lingkungan,” kata Donna.

Donna menyebutkan ular piton merupakan hewan yang menakjubkan, tetapi harus diburu untuk menyelamatkan satwa liar asli Florida, termasuk kelinci dan rakun. Diketahui, ular piton bukanlah satwa asli dari Florida.

Hewan itu muncul pertama kali di Everglades tahun 1980-an sebagai hewan peliharaan yang kemudian berkembang menjadi banyak. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: