UMM Dampingi Pentingnya Pendaftaran Merk Bagi Pelaku Usaha Di Mertoyudan

BNews–MERTOYUDAN– Pentingnya ijin usaha dan klaim braind atau merk bagi para pelaku usaha itu terkadang dilupakan. Oleh sebab itu sosialisasi Meningkatkan Kesadaran Hukum melalui Standarisasi Produk diadakan di Dusun Bendo Desa Donorojo Mertoyudan (10/3/2020).

Kegiatan yang digelar oleh Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) diadakan di Gedung salah satu rumah warga. Kegiata tersebut dalam rangkan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) atau yang dulu di kenal dengan KKN.

Tim PPMT tersebut diketuai oleh salah satu Dosen UMM, Heniyatun. Sedangkan tum beranggotakan Gifary Tidar Pratama, Awiek Prama Yudh, Yeni Asiyah, Kurnia Sakti dan Ni’ma Sofia.

“Salah satu program yang kami berikan adalahpPentingnya merk dan ijin usaha PIRT. Serta IUMK agar para pelaku usaha kecil di dusun Bendo ini mempunyai kekuatan hukum dalam menjalankan usahanya,” ungkap Heniyatun selaku ketua tim.

Dijelaskan juga, pengetahuan tersebut diberikan agar produk yang mereka jual mampu bersaing dan menembus ke toko toko swayalan besar. “Dengan seperti itu harapannya dapat meningkatkan daya jual dari produk industri rumahan tersebut. Dan mampu meningkatkan perekonomian bagi warga Dusun Bendo,” tandasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sambutan hangat dan antuasiasnya warga Dusun Bendo mengikuti program dari kelompok PPMT ini. Hal ini dikarenakan dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan khususnya dalam bidang industri rumahan terkait legalitas usaha kecil.

“Kami merasa sangat terbantu dengan memperoleh informasi tentang pentingnya mendaftarkan Laik Sehat dan PIRT,” ungkap Kepala Dusun Bendo Tri Suprayitno.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, warga Bendo meningkatkan kesadaran tentang pentingnya legalitas usaha. Tentunya supaya produk yang dihasilkan mendapatkan kepercayan dari konsumen serta dapat menembus toko toko modern. Dengan begitu dapat meningkat perekonomian warga Bendo,” harapnya.
.
Dalam kesempatan ini, Kelompok PPMT FH UMMagelang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Hal ini guna memberikan penyuluhan dan pendampingan bagi warga Dusun Bendo untuk mendaftarkan PIRT dan Laik Sehat.

“Program sosialisasi seperti ini menjadi salah satu pendukung program yang dicanangkan oleh Bupati Magelang. Tentunya untuk mewujudkan satu juta UMKM Kab Magelang,” ujar Rudi Agustiono selaku Kepala Seksi Makanan, Minuman, dan Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. (advetorial)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: