UNIMMA Latih Optimalisasi Digitalisasi Untuk Pemasaran Produk

BNews–MAGELANG– Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) periode 2 tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan berkelompok; terdiri 4-5 mahasiswa dan satu dosen pembimbing yang sekaligus menjadi ketua kelompok.

PPMT UNIMMA tahun 2020 dilaksanakan sebagai pengganti Kuliah Kerja Nyata (KKN). PPMT pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selain nama kegiatannya yang berbeda, teknis lapangan juga sedikit berbeda.

Dimana PPMT ini tidak mewajibkan peserta atau mahasiswa untuk menginap di tempat pelaksanaan. Akan tetapi target pengabdian kepada masyarakatnya tetap tercapai.

Salah satu desa yang menjadi tempat kegiatan adalah Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kelompok yang diketuai Dosen  Endah Ratna Arumi, ini mengangkat tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Bisnis Masyarakat Desa Sugihmas”. Ia bersama dengan 5 mahasiswa yang terdiri dari 2 program studi yang berbeda yaitu Ahmad Fauzi (Teknik Informatika), Kevin Syahidan Ananda (Teknik Informatika); Fani Choirul Handoko (Teknik Informatika); Talitha Ayu Pramudyanti (Manajemen) dan Intan Meganingrum (Manajemen).

“Untuk merealisasikan tema tersebut kami bekerjasama dengan kelompok masyarakat yang juga menjadi pengurus di bank sampah desa tersebut. Fokus penggunaan teknologi informasi ini diawali dengan melakukan pendampingan serta pengembangan produk-produk kerajinan yang sebelumnya sudah ada di desa tersebut,” ungkap Endah Ratna Arumni.

Ia juga mengaku melakukan pengembangan dengan memanfaatkan salah satu platform digital. Dimana produk-produk yang sebelumnya sudah ada kemudian dikembangkan dan dikombinasikan dengan apa yang sudah diamati dari platform digital.

“Hal itu dlakukan sehingga dapat menghasilkan produk kerajinan yang lebih menarik dan memiliki nilai jual. Setelah itu produk yang dihasilkan akan dipasarkan via online baik melalui media sosial, platform e-commerce ataupun website,” ungkapnya.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Selain memanfaatkannya untuk pemasaran, lanjutnya pihaknya juga melakukan pelatihan bagi masyarakat tentang penggunaan perangkat digital yang efektif. Mulai cara menggunakan ponsel, laptop atau komputer untuk mendukung kegiatan usaha yang dilakukan.

“Pelatihan yang dilakukan juga seputar penggunaan microsoft word, excel dan sebagainya yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan masyarakat. Ya seperti pembukuan, laporan keuangan, dokumentasi atau yang lainnya,” paparnya.

Pengenalan fitur-fitur media sosial juga dikenalkan kepada mereka, dimana yang dapat dijadikan lahan pemasaran produk dengan optimal. “Dengan begitu masyarakat dapat memanfaatkan perangkat digitalnya dengan lebih efektif,” tegasnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini dapat dijadikan salah satu sumber pemasukan dari masyarakat sekitar yang mana memiliki potensi yang cukup besar di bidang kerajinan. “Terpenting dengan adanya pelatihan penggunaan perangkat digital juga dapat membantu pekerjaan masyarakat,” pungkasnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: