VIRAL! Fenomena Awan Langka Mirip UFO di Langit Gunung Sumbing Magelang

BNews—KALIANGKRIK— Sebuah awan lenticular atau lebih mirip berbentuk UFO terlihat di langit Gunung Sumbing, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Penampakan awan mirip kendaraan alien luar angkasa itu pun viral di media sosial.

Salah satu akun yang mengunggah penampakan awan berbentuk seperti piring terbang tersebut yakni akun instagram @badrikaaa. ”Penampakan awan lentikultural pagi ini di lereng Gunung Sumbing, Kaliangkrik, Magelang,” tulisnya dalam keterangan pada Rabu, (22/9).

Terpantau dalam video tersebut, awan yang menyerupai piring terbang itu terlihat indah di sebelah kiri Gunung Sumbing. Apalagi kondisi pagi hari itu nampak cerah. Sehingga awan yang biasa disebut lenticular tersebut terlihat sangat jelas.

Sontak penampakan awan tersebut langsung menghebohkan warganet. Tak sedikit dari mereka yang takjub melihat keindahan fenomena tersebut.

”Indah banget ya kak, pas ada badai angin itu yaa,” ujar akun @plesiran**.

”Jossss nan, kuncene kaliangkrik kie,” ungkap akun @imamis**.

Informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, awan lentikular merupakan awan gelombang orografik berbentuk lensa yang terbentuk ketika udara stabil. Dan angin bertiup melintasi di bukit dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa dari ketinggian yang berbeda melalui troposfer.

Awan barat melewati pegunungan di bawah membantu membentuk ini. Partikel awan tersebut padat karena aliran udara lembab yang terus mengalir di sekitar awan dan bertahan hingga berhari-hari.

Awan Lenticular pada umumnya terbentuk seperti piring raksasa atau orang sering menyebutnya seperti UFO. Awan ini juga berbahaya bagi penerbangan karena gelombang udara di daerah tersebut sulit untuk dideteksi. Serta akan mengakibatkan guncangan pada pesawat atau yang biasa disebut turbulensi.

Di sisi lain, awan ini hanya membawa udara dan tidak akan mengakibatkan badai atau hujan. Ketika angin mengalir ke atas dan mendingin, udara akan mengembun akan membentuk awan di puncak gelombang. (ifa/han)

Sumber: Suara

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: