Waktu Wisatawan di Atas Candi Borobudur Dibatasi

BNews–MAGELANG– Pengelola Candi Borobudur akan menerapkan visitor management system untuk mengatur waktu (limitasi) wisatawan berada di atas candi. Sistem ini akan diberlakukan tahun depan.
      Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Edi Setijono mengatakan sistem berbasis android ini sedang dimatangkan oleh tim. “Termasuk kita sedang mengkaji pembatasan waktunya 30 menit apa 45 menit,” katanya, siang tadi.
     Edi mengatakan dengan sistem ini pihaknya tidak bertujuan untuk membatasi wisatawan yang ada di atas Candi Borobudur. Hanya mengatur limitasi waktu. “Ini juga untuk konservasi Candi Borobudur,” kata dia.
     Selain itu, katanya, pengaturan lama kunjungan di atas candi ini sebagai bagian strategi untuk menyebar wisatawan ke sekitar Borobudur. “Termasuk ke desa wisata sekitar Candi Borobudur,” papar dia.
     Sistem ini, katanya akan diintegrasikan dengan smart guide. Dimana, wisatawan akan mendapatkan informasi terkait relief di setiap bagian candi yang akan dikirim sistem kedalam Smartphone wisatawan. (bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: