Bandara YIA Kulonprogo Bangun Fasilitas Guna Membangkitkan Kawasan Wisata Borobudur

BNews—JOGJA—Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) telah dibangun fasilitas mendukung guna membangkitkan pariwisata di kawasan Borobudur. Hal itu dimanfaatkan sebagai keindahan destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, menjelaskan Bandara YIA memiliki runway sepanjang 3,250 km yang bisa didarati pesawat terbesar seperti Airbus 380 atau Boeing 747 dan 777. Pihaknya telah menyiapkan galeri di kompleks Bandara YIA, yang dapat memamerkan hasil karya seniman seperti lukisan, batik, patung, dan karya seni lainnya.

“Itu sangat berpotensi untuk menghadirkan banyak turis mancanegara,” ujarnya.

Faiki menambahkan, untuk ke depan pihaknya akan menyiapkan tempat khusus di bandara, bagi pengusaha UMKM unggulan. Tempat khusus ini akan menjadi etalase terbesar bagi produk-produk UMKM dibandingkan dengan bandara lainnya.

“Tentunya tempat ini akan melengkapi Bandara YIA, yang memiliki fasilitas terminal penumpang tiga lantai seluas 219.000 meter persegi, dan berkapasitas 20 juta penumpang,” jelasnya.

Lanjutnya, kata dia, Angkasa Pura I ingin segera bangkit dengan membantu mempromosikan destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya melalui pemanfaatan fasilitas yang ada di Bandara YIA.

“Semoga ini bisa menjadi daya tarik dan memberikan informasi yang menarik bagi para wisatawan yang berada di Bandara,”jelasnya, Jumat (21/8/2020).

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan mendorong peran Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo untuk membantu menarik wisatawan. Hal ini dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Apalagi, terdapat Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah yang sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata prioritas oleh pemerintah,” pungkasnya. (*/rur)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: