Waspada Ajakan Trayout CPNS Marak di Medsos

BNews—NASIONAL— Banyaknya persiapan lowongan CPNS tahun 2019 membuat oknum-oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan moment ini. Sempat viral di media sosial dengan adanya akun-akun publik yang mengajak untuk ikut Tryout CPNS 2019 secara gratis dan serentak.

Hasilnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) angkat bicara terkait hal ini. Melalui akun twitter  resmi BKN (@BKNGoid ) memberikan peringatan terkait hal tersebut.

Masyarakat harap berhati-hati dengan akun-akun atau situs yang tidak bisa dipertanggung jawabkan yang membawa-bawa nama CPNS. “ “#SobatBKN, hati-hati terhadap pihak yg mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dgn BKN, “Karena apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi,” tulis akun BKN, Selasa (25/6).

Akun BKN juga me-retweet unggahan dari akun Val yang mengungkapkan soal kejanggalan dalam ajakan mengikuti tyrout CPNS 2019. Dimana akun tersebut menceritakan kejanggalan terhadap informasi tersebut karena  ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para peserta sebelum mengikuti tryout online CPNS 2019.

Persyaratan tersebut di antaranya mengikuti atau follow akun tersebut, menandai/men-tag teman di kolom komentar, mengunggah postingan akun itu di akun Instagram Storier, hingga mengunggah tiga syarat di sebuah website. 

Selain itu, peserta yang mendaftar akan mendapatkan kode tryout setelah mengisi beberapa data via Google Form. Bahkan akun itu memperingatkan, bila tidak memakai kode yang didapat setelah menyelesaikan pendaftaran, hasil tryout tidak akan dikoreksi.

BKN juga meminta agar masyarakat agar tidak pernah mengisi data diri seperti NIK/KK, nama orangtua, alamat, sekolah/kampus dan lainnya pada akun yang tidak jelas. “Jd #SobatBKN jgn pernah isi data diri spt NIK/KK, nama ortu, alamat, sekolah/kampus dll ke akun yg gak jelas. Jgn sampai data dirimu disalahgunakan!, “Be smart netizen, oke,“ tulis BKN lagi. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: