Waspada, Flu Burung Kembali Merebak

BNews—MAGELANG— Penyebaran virus AI atau flu burung di Kabupaten Magelang kembali terjadi. Beberapa hari lalu ratusan unggas di Keecamatan Salaman dan Tegalrejo ditemukan mati mendadak. Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan)Kabupaten Magelang memastikan penyebab kematian adalah virus tersebut.
”Positif flu burung. Ktia sudah lakukan pemeriksaan dengan rapid tes,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan danPerikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang John Manglapy, tadi (22/9).
Dia  menjelaskan, petugasturun langsung ke lokasi matinya unggas guna pemeriksaan. Alat rapid test,menunjukan hasil bahwa unggas mati karena terserang virus  avian influenza(AI).
Dalam pemeriksaan tersebut dinyatakan puluhan unggas matimendadak terkontaminasi virus flu burung. Dengan menggunakan alat rapid test muncultanda berwarna merah muda pada alat pengecekan tersebut. Karena positif suspectflu burung,  sehingga perlu diadakantindak lanjut dari pemerintah dengan melibatkan warga sekitar.
    ”Rencananya Pemerintah Kabupaten Magelang dengan puskesmassetempat akan membuat posko penanganan flu burung,” jelasnya.
     Sekitar 50 ekor unggas mati mendadak selama beberapa hariterakhir. Jenis unggas yang mati diantaranya ayam bangkok, bebek, mentok sertakalkun yang dipelihara disamping rumahnya. “Unggas ini mati secara mendadak selama dua hari terakhir.Saya tidak tahu persis penyebab kematian ini,” kata Peternak unggasSaefudin  Zuhri warga Tegalrejo. (ie)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: