Yuk… Berjelajah ke Gua Marmer Purba Pedalaman Menoreh

BNews—SALAMAN— Belum banyak yang tahu jika di dalam hutan belantara Pegunungan Menoreh di Kabupaten Magelang terdapat sebuah gua purba. Gua tersebut letaknya di antara puncak Pegunungan Menoreh di ketinggian 630 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kontur pegunungan itu memperkuat karakter gua purba seakan menjadi rongga udara bagi marmer merah Menoreh yang langka. Traveler juga dimanjakan dengan pemandangan alam indah berupa lanskap wilayah Magelang serta gugusan Pegunungan Menoreh.

Salah satu warga Desa Ngargoretno di Kecamatan, Sigit Setiyono mengatakan, gua purba tersebut ditemukan pada tahun 2006. Dan dibuka ke publik belum lama ini atau tepatnya pada medio tahun 2019.

Dipertengahan musim kemarau, Sebagian warga yang tak jauh dari gua membersihkan sekitar puncak marmer Menoreh sebagai upaya pembenahan obyek wisata alam. Setelah bersih dan ditata, traveler bisa berkunjung ke sini dan melakukan petualangan hingga dasar gua.

”Untuk mencapai gua purba wisatawan harus menaiki sekitar 287 anak tangga. Mulai dari pintu gerbang masuk wisata Museum Alam Marmer Merah Menoreh (Mami),” terang Sigit. Sabtu (8/8).

Sigit mengatakan, di dalam gua terdapat ruangan dengan tinggi 2,3 meter. Terdapat satu lorong yang dahulu menjadi sarang kelelawar. Ruang utama gua diterangi lampu yang menembus ke atas gua.

”Kedalaman gua kira-kira 20 meter. Dasar (lantai) gua di bawah tanah luasnya empat meter lebih,” katanya.

Loading...

Kepala Desa Ngargoretno Dodik menerangkan bila sejak gua purba ditemukan, wisata alam marmer merah Menoreh semakin menarik untuk dikunjungi. Ribuan wisatawan tercatat telah berkunjung ke desa penghasil cengkeh.

Dodi menjelaskan, selain museum batu marmer pihaknya juga menyiapkan paket wisata petualangan menarik ragam pertanian. Dan peternakan warga seperti memerah susu kambing, panen lebah membuat gula merah dan lain sebagainya.

”Kita menawarkan paket wisata untuk grup selain keindahan alam marmer Menoreh ada aksi pertanian dan peternakan,” pungkasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: