Empat Penyakit Perparah Pasien Corona Meninggal Dunia

BNews—NASIONAL— Angka kematian akibat infeksi virus corona mayoritas diikuti dengan penyakit penyerta atau komorbiditas. Faktor penyakit komorbiditas paling banyak ditemukan pada kelompok usia sekitar 41-60 tahun.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, setidaknya ada empat penyakit penyerta atau komorbiditas yang banyak memperburuk kondisi pasien hingga meninggal dunia.

”Paling banyak memang ditemukan di usia 41-60 tahun. Tetapi beberapa diantaranya di atas 60 ke arah 80 tahun,” ungkap Yuri.

Hingga Senin sore (27/4) jumlah pasien positif corona yang meninggal dunia di Indonesia sudah mencapai 765 orang. Sedang rasio kematian covid-19 di Indonesia mencapai 8,37 persen atau yang tertinggi di Asia Tenggara. Sementara jumlah pasien positif kini mencapai 9.096 orang dan yang sembuh mencapai 1.151 orang.

Berikut empat penyakit komorbiditas yang memperparah kematian akibat covid:

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit seperti gagal ginjal, stroke dan gagal jantung.

Loading...

Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Penyebab diabetes dikarenakan adanya gangguan dalam tubuh dan tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Penyakit Paru-paru

Paru-paru merupakan organ penting bagi pernapasan manusia. Tidak jarang paru-paru mengalami gangguan atau suatu keadaan yang kurang prima, seperti terkena penyakit atau infeksi tertentu yang menghambat kinerja maksimal paru-paru. Beberapa gangguan paru-paru diantaranya adalah flu, bronkitis, pneumonia yang disebabkan bakteri. Dan penyakit lainnya seperti COPD, asma hingga kanker. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: