10 Dari 15 Petahana Kades Sukses Terpilih Kembali Dalam Pilkades Magelang 2022

BNews–MAGELANG-– Sepuluh dari 15 petahana sukses menjadi calon kades terpilih setelah meraih dukungan suara terbanyak pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 25 desa, Minggu (6/11/2022) lalu. Tetapi lima petahana lainnya gagal untuk kembali memimpin desanya lima tahun ke depan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, mengatakan, pilkades serentak berjalan aman dan lancar. “Sampai hari ini tidak gugatan atau sanggahan dari pihak yang kalah,” katanya, usai membuka Muntilan Expo 2022 di Halaman Kantor Camat Muntilan, Kamis (10/11/2022).

Berdasarkan data di Kantor Dinas PMD menyebutkan, tiga calon kades tampil sebagai pemenang setelah mengungguli perolehan suara rivalnya yang tidak lain, isteri mereka sendiri. Masing-masing, Lilik Kuswantoro (Kadiluwih, Salam), Khoir Anwar (Kaliabu, Salaman), serta Asy’ari (Karangkajen, Secang).

Pilkades serentak diikuti 72 calon kades berlangsung di 25 desa yang tersebar di 15 kecamatan. Tata cara pilkades diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016, yang dijabarkan dalam Peraturan Bupati Magelang Nomor 33 Tahun 2019.

Selain itu, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, agenda itu digelar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Tiap tempat pemungutan suara (TPS) dibatasi hanya untuk melayani maksimal 500 pemilih.

Bupati Zaenal Arifin bersama jajaran forkompimda memantau pelaksanaan pilkades secara virtual dari rumah dinas Bupati Magelang. Sedang para pejabat dinas terkait juga memantau secara virtual dari Ruang Command Centre di sekretariat daerah.

“Pemantauan dilakukan secara periodik, dua jam sekali, sejak siang hingga sore hari. “Alhamdulillah…., seluruh pilkades berjalan lancar. Angka partisipasi warga rata-rata 84 persen,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurut Djoko Susilo, Kabid Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas PMD, angka partisipasi pemilih rata-rata 84 persen. Tertinggi di Desa Kedungsari, Bandongan, 90,60 persen dan terendah di Desa Banyurojo, Mertoyudan, 61,24 persen.

Mengenai rencana pelantikan ke-25 calon kades terpilih, Djoko mengaku belum ada pembahasan terkait masalah tersebut. (*)

Daftar calon kades terpilih.

  1. Adik Wahyu Setiono (Kedungari, Bandongan.
  2. Dwi Djoko Susanto (Salamkanci, Bandongan).
  3. Mulyanto (Candirejo, Borobudur).
  4. Joko Cahyono (Trenten, Candimulyo).
  5. Waji (Sengi, Dukun).
  6. Suharyono (Banaran, Grabag).
  7. Tri Marsudi (Losari, Grabag).
  8. Sulistyo Adi (Tlogorejo, Grabag).
  9. Puji Widodo (Wadas, Kajoran).
  10. Junarsih (Wonogiri, Kajoran).
  11. Bambang Dwi Cahyo (Selomoyo, Kaliangkrik).
  12. Iksan Maksum (Banyurojo, Mertoyudan).
  13. Aan Sudarno (Blondo, Mungkid).
  14. Sunaryo (Daleman Kidul, Pakis).
  15. Dwi Soenarko (Daseh, Pakis).
  16. Lilik Kuswantoro (Kadiluwih, Salam).
  17. M Husni Tamrin (Sucen, Salam).
  18. Khoir Anwar (Kaliabu, Salaman).
  19. Agus Prastya (Kalirejo, Salaman).
  20. Ismun (Kebonrejo, Salaman).
  21. Ari Setiawan (Krasak, Salaman).
  22. Sugito (Salaman, Salaman).
  23. As’ari (Karangkajen, Secang).
  24. Imtihanudin (Kebonagung, Tegalrejo).
  25. Budiman (Girimulyo, Windusari)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!