20 Kesenian Terbaik di Magelang Bakal Meriahkan Festival Kali Elo

BNews—MUNGKID—Sebanyak 20 kelompok kesenian rakyat Kabupaten Magelang akan berkompetisi di ajang Festival Kali Elo 2019. Event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang ini akan mengambil lokasi di Kalingkalih Bojong Kecamatan Mungkid (Finish Rafting).

Panitia Parade Kesenian Tradisional Afif mengatakan bahwa untuk peserta lomba ini mendaftar sejak kemarin saat pengumuman di sebar di media sosial. “Para peserta ini mendaftar dengan mengirimkan identitas kelompok kesenian beserta video pendek saat pentas yang dikirimkan ke Whastapp panitia untuk dilakukan seleksi,” katanya sesaat melakukan Tecknikal Meeting peserta lomba kesenian di Kantor Disparpora Kabupaten Magelang kemarin (25/6).

“Sebanyak 80an kelompok kesenian di Kabupaten Magelang masuk mendaftar, namun sudah kami seleksi melalui video yang mereka kirim dan diambil 20 kelompok kesenian,” imbuhnya.

Berbagai jenis kelompok kesenian seperti Soreng, Janthilan, Kubro , Topeng Ireng, Grasak, Reog dan Kuda Lumping lolos dalam seleksi tersebut. AntaralainReog Margo Utomo dari Krogowanan Sawangan, Kuda Kepang Wahyu Satrio Budoyo dari Penggarengan Kaliangkrik dan Grasak Dwi Mudo Utomo dari Petung Pakis.

Kesenian akan dilaksanakan pada 7-8 Juli 2019 di Panggung Utama Festival Kali Elo 2019 di Kaling Kalih Bojong Kota Mungkid. “Untuk juri sendiri nanti ada tiga orang, yakni dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang serta Pratisi Seni dari ISI Yogyakarta,” paparnya.

Terakhir afif menyampaikan untuk katagori penilaian yakni Wiroso, Wirogom Wiromo dan Penampilan Rias dan Kostum diama peserta juga akan memperbutkan total hadiah senilai Rp 11 juta dan serfitikat penghargaan. “Masyarakat bisa menyaksikan secara gratis seluruh rangkaian Festival Kali Elo 2019, termasuk perlombaan kesenian tersebut yang akan dimulai pukul 09.00 wib sampai pukul 16.00 wib pada hari Sabtu dan MInggunya,” pungkasnya. (bsn/bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: