350 Ribu Pengunjung Ditargetkan Datang Ke Candi Borobudur di Libur Lebaran 2023

BNews–MAGELANG— Masa ramai kunjungan wisatawan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, pada libur Lebaran 2023, yakni 21 April hingga 1 Mei 2023. Dimana pihak pengelola Candi Borobudur menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 350.000 orang.

“Masa ramai kunjungan Candi Borobudur selama 11 hari kami target setiap hari ada 30.000 hingga 35.000 wisatawan,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur; Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan di Yogyakarta, baru-baru ini.

Ia menyampaikan hal tersebut usai pemaparan persiapan masa ramai kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Prambanan; dan Ratu Boko pada libur Lebaran 2023 di The Manohara Hotel Yogyakarta.

Ia menyampaikan pengunjung mulai meningkat biasanya pada Lebaran hari kedua. Pada Lebaran pertama biasanya untuk silaturahmi keluarga.

Menurut dia dengan target kunjungan wisatawan tersebut berarti naik sekitar 40 persen dari kunjungan ramai masa Lebaran tahun lalu.

Febrina menuturkan tidak ada pembatasan pengunjung di Candi Borobudur, tetapi yang ada pembatasan pengunjung naik candi, kuota setiap hari 1.200 orang.

Ia meminta pengunjung yang ingin naik monumen Candi Borobudur untuk melakukan registrasi secara online yang bisa dilakukan pada tujuh hari sebelum kunjungan.

“Kenapa pengunjung harus melakukan registrasi online karena untuk mengatur kuota pengunjung naik candi dalam rangka kajian. Jadi sekarang masih dalam kajian, tidak semua pengunjung bisa naik candi,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia menegaskan kalau kuota 1.200 wisatawan habis maka pengunjung tidak bisa naik ke atas candi.

“Oleh karena itu eksplorasi di luar struktur candi kami dorong sehingga pengunjung tidak terfokus pd candi,” katanya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!