Tanaman Hias Ini Ternyata Mampu Sembuhkan Bisul, Begini Caranya

BNews—MAGELANG—Bisul merupakan benjolan merah yang membengkak pada kulit yang berisi mata dan bernanah. Beberapa bagian tubuh yang sering terkena bisul diantaranya di kelopak mata, wajah, leher, ketiak, bahu, paha, pantat hingga kemaluan.

Benjolan yang juga dikenal dengan furunkel itu disebabkan infeksi bakteri staphylococcus aureus. Meski semua olongan usia bisa berpotensi terkena bisul, namun kondisi tersebut lebih sering menyerang remaja dan dewasa.

Jika terkena bisul, sudah tentu dapat mengganggu aktifitas seseorang. Namun tahukan kamu jika ada obat tradisional yang dengan sangat mudah ditemukan. Obat tersebut adalah tapak dara.

Salah satu petani dan pembudidaya tanaman obat asal Srumbung Magelang, Eko Prasetyo, menjelaskan jika tapak dara diyakini memiliki khasiat. Eko mengatakan, tapak dara merupakan tanaman hias yang memiliki bunga di ujung batang berbentuk lingkaran lima helai mahkota.

tanaman tapak dara (foto : istimewa)

”Ada yang warna bunganya putih, merah muda atau merah tua. Terutama yang putih diyakini memiliki khasiat kesehatan untuk mengubati bisul atau bengkak,” kata pria 36 tahun itu, Minggu (25/10).

Bapak satu anak itu mengungkapkan, resep untuk memanfaatkan bahan tersebut sebagian sudah diterapkan secara turun-temurun. Bahkan bisa dipelajari lewat buku maupun internet.

Loading...

”Resep sederhananya, yakni cukup dengan menumbuk hingga halus satu genggam daun tapak dara. Setelah dilumat, bunga tersebut langsung ditempelkan pada bagian bisul. Dalam sehari dapat diganti dua kali, sehingga gangguan kesehatan tersebut segera bisa teratasi,” ungkap dia.

Tidak hanya itu, tapak dara ternyata juga bisa digunakan sebagai ramuan untuk melawan diabetes. Caranya dengan menggunakan lima lembar daun tapak dara diseduh dengan satu gelas air mendidih. Setelah itu didiamkan sampai dingin maupun hangat dan segera diminum.

”Cara ini dilakukan dengan rutin dan disiplin sehingga akan diperoleh banyak sisi positif dalam usaha menjaga kesehatan meski sudah terkena diabetes. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: