5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa

BNews—KESEHATAN— Buah-buahan bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Selain gula, buah merupakan sumber serat, air, antioksidan, serta vitamin dan mineral.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, konsumsi buah setiap hari, termasuk saat bulan Ramadhan, dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Buah pun bisa menjadi sumber energi dan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan agar tidak makan berlebih atau overeating. Berikut lima buah yang bagus untuk buka puasa yang bisa Anda konsumsi

1. Kurma

Anjuran makan kurma saat buka puasa bukan tanpa alasan. Dalam tiga buah kurma terkandung sekitar 200 kalori, 54 gram karbohidrat, dan 5 gram serat. Selain itu, buah ini juga mengandung protein, kalsium, magnesium, kalium, zinc, mangan, serta vitamin K.

Kurma adalah buah yang tinggi kalori, sehingga mengonsumsi buah ini bisa memberikan energi setelah berbuka puasa. Rasanya yang manis membuat kurma disukai oleh banyak orang. Namun tenang saja, Indeks glikemik kurma cukuplah rendah, sehingga buah ini aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita diabetes.

2. Pisang

Menahan haus dan lapar selama lebih dari 12 jam bisa membuat tubuh rentan kekurangan elektrolit. Nah, untuk menyeimbangkan jumlah elektrolit, salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah kalium. Mineral ini bisa ditemukan pada buah pisang.

Selain itu, buah pisang juga tinggi serat yang membuat perut kenyang lebih lama, sehingga menurunkan keinginanmu untuk makan makanan tidak sehat saat berbuka, misalnya gorengan.

3. Apel

Tidak hanya membuat perut terasa kenyang dalam waktu cukup lama, kandungan serat pada buah apel sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menurunkan risiko sembelit saat bulan Ramadhan.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang tinggi kalori dan bernutrisi lengkap, seperti protein, karbohidrat, kalium, magnesium, asam folat, serta vitamin C, E, dan K. Tidak hanya itu saja, buah ini juga tinggi lemak baik, lho.

Lemak baik dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL dalam darah, serta membantu penyerapan beberapa vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Konsumsi buah ini secara rutin dipercaya bisa membantu mengontrol kenaikan berat badan, sehingga cocok bagi kamu yang tidak ingin bertambah gemuk saat bulan puasa.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain. Kedua enzim ini bermanfaat dalam melancarkan BAB.

Selain itu, enzim papain yang biasanya terdapat pada suplemen dipercaya bisa membantu meredakan gejala sakit tenggorokan yang sering muncul saat bulan puasa. Soalnya, enzim ini bisa meredakan bengkak, nyeri, dan kemerahan pada tenggorokan.

Tidak hanya baik untuk sistem cerna dan sakit tenggorokan, konsumsi buah papaya dapat meningkatkan imunitas tubuh supaya kamu gak gampang sakit selama berpuasa. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan, serta vitamin A dan C pada buah pepaya.

Untuk menikmatinya, buah-buahan tersebut bisa dimakan langsung, diolah jadi es buah atau jus. Namun, usahakan untuk tidak menambah gula ke dalam olahan buah, ya.

Yang tidak kalah penting, pastikan kamu hanya mengonsumsi buah segar dan mencucinya terlebih dahulu sebelum mengolahnya. (*)

Sumber: alodokter.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!