5200 Warga Magelang Dites PCR, Akan Ada Ledakan Kasus Lagi?

BNews—MAGELANG—Pemerintah Kabupaten Magelang terus berupaya untuk menangani penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan PCR tes secara masif kepada sasaran prioritas meliputi ibu hamil, lansia dan penderita penyakit tidak menular.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti mengatakan pihaknya terus melakukan PCR tes secara masif. Terhitung hingga 24 September 2020 Dinkes telah melakukan PCR tes sebanyak 5.220 sample.

Hal ini disampaikannya saat menggelar Press Conference di Ruang Command Center, Setda Kabupaten Magelang, Jumat (25/9/2020). Dia menyebut bila hasil tes masif tersebut menjadi salah satu penyumbang dalam melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magelang beberapa waktu terakhir.

”Beberapa hari terakhir ini bertambah ada yang 10, 17 bahkan sempat tambah 52 kasus positif. Melonjaknya kasus ini karenanya adanya sumbangan dari dilakukannya swab masif,” kata dia.

Selain tes masif, kata Retno, pihaknya juga melakukan tracing (penelusuran) kepada kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif. Kemudian di lanjutkan dengan treatment (penanganan) kepada pasien terkonfirmasi positif.

Diketahui bahwa Kabupaten Magelang pada hari ini (25/9/2020) berstatus zona merah atau berisiko tinggi penyebaran Covid-19. Menanggapi hal tersebut, Retno mengaku dengan status zona merah menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan upaya-upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

”Hal ini juga penyemangat kita untuk menemukan dengan tes masif. Kita kejar itu dimana dan setelah ditemukan, kita tangani dengan lebih optimal. Ini tentunya tidak hanya dari kita pemerintah tapi juga semua pihak. Sadar bahwa untuk melaksanakan pencegahan dan menurunkan zona itu bersama-sama,” pungkasnya. (mta)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: