6 Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS Tahun 2021 Agar Lancar dan Sukses

BNews—TIPS— Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2021 yang lolos administrasi, kini tengah menghadapi tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes SKD ini terdiri atas 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 35 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 45 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Total 110 soal tersebut harus diselesaikan dalam waktu 100 menit dan wajib memenuhi passing grade sebagai syarat lulus SKD CPNS 2021.

Inilah beberapa kisi-kisi materi soal SKD CPNS 2021:

Materi soal TWK

  1. Nasionalisme
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara

Materi soal TIU

  1. Kemampuan Verbal (analogi, silogisme, analitis)
  2. Kemampuan Numerik (berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, soal cerita)
  3. Kemampuan Figural (analogi, ketidaksamaan, serial)

Materi soal TKP

  1. Pelayanan Publik
  2. Jejaring Kerja
  3. Sosial Budaya
  4. Teknologi Informasi
  5. Profesionalisme
  6. Anti radikalisme

Nah, berikut ini tips dan trik mengerjakan soal SKD agar lulus. Simak ulasannya!

Mulai dari soal TKP

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah daripada Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Mengerjakan soal TKP tidak membutuhkan rumus tertentu, karena hanya dijawab berdasarkan nalar dan perbandingan. Soal TKP biasanya dimulai dari nomor 66, jadi kamu bisa langsung klik soal nomor 66 untuk mengerjakan TKP.

Soal TKP juga tidak ada yang benar atau salah, semuanya mempunyai poin masing-masing mulai dari 1 sampai 5. Pastikan kamu menjawab seluruh soal SKD dalam sekali baca, dan jangan diulang-ulang agar tidak menghabiskan waktu.

Kerjakan 1 soal 1 menit

Durasi waktu ujian SKD adalah 100 menit dengan jumlah soal 110. Artinya, kamu harus menjawab 1 soal paling lama 1 menit. Usahakan kamu mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan melewati soal-soal yang sulit.

Jika saat membaca soal, kamu sulit mencerna pertanyaannya dan tidak mendapat gambaran jawabannya, segeralah beralih ke soal yang lain. Setelah semua soal yang mudah telah dijawab, barulah kamu bisa kembali mengerjakan soal yang sulit.

Catat nomor soal yang sulit

Saat menemukan soal-soal yang sulit, catatlah nomor tersebut pada kertas coretan yang disediakan. Hal ini akan mempersingkat waktu ketika kamu mencari soal mana saja yang masih kosong.

Jadi, kamu bisa langsung klik soal sesuai nomor yang ingin kamu kerjakan kembali.

Jawab semua soal

Salah satu tips lulus SKD CPNS 2021 yang bisa kamu terapkan adalah dengan menjawab semua soal yang ada. Jangan sampai kamu mengosongkan satu soal pun, karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi nilai.

Siapa tahu soal yang kamu jawab ternyata benar, jadi nilai kamu justru bertambah. Kalau pun kamu sudah selesai menjawab seluruh soal, cek kembali jawaban kamu yang keliru agar bisa diperbaiki.

Latihan simulasi CAT

Tes seleksi CPNS 2021 masih menggunakan sistem komputerisasi atau dikenal dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Sebelum menghadapi TKD CPNS, sebisa mungkin kamu  harus mulai berlatih mengerjakan soal dengan menggunakan simulasi CAT.

Apalagi, saat ini ada banyak sekali situs yang menawarkan fasilitas simulasi CAT online secara gratis yang bisa kamu coba. Tujuannya, agar kamu terbiasa dengan sistem CAT sehingga mengurangi rasa gugup saat mengerjakan soal CPNS yang sebenarnya.

Perbanyak latihan soal

Tak bisa dipungkiri, cara cepat mengerjakan soal SKD bisa kamu dapatkan jika sudah sering latihan mengerjakan soal-soal. Kamu bisa mengerjakan soal CPNS dari buku, website, kursus, atau pun dari media sosial.

Pada umumnya setiap soal akan disertai dengan rumus serta trik cepat menjawab soal. (*)

Sumber: Indozone

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: