7 Klub Sepak Bola Di Indonesia Tak Boleh Ganti Nama, Salah Satunya Di Magelang

BNews–MAGELANG– Tahukah kalian nama klub-klub sepak bola di Indonesia ini tidak boleh berganti nama sejak awal berdiri hingga sekarang. Dan salah satunya ada di Magelang.

Terdapat 7 klub yang tak boleh berganti nama. Hal itu merujuk kepada Statuta PSSI 2019, Pasal 17, Nomor 1, Poin G.

Dimana dalam point tersebut yang menjelaskan:  ”Sebagai penghargaan kepada 7 klub pendiri PSSI yakni PSIM Yogyakarta, Persis Solo, Persib Bandung, Persija Jakarta; Persebaya Surabaya, PSM Madiun, dan PPSM Magelang, ketujuh klub tersebut wajib melindungi seluruh aset sepak bola mereka”.

”Termasuk logo, domisili, dan warisan sepak bola lainnya di setiap waktu. Dan tidak melakukan perubahan (pengurangan atau penambahan) hal-hal tersebut dengan alasan apa pun.”

PSSI lahir dari kesepakatan 7 klub tersebut. Pada 1930, Soeratin Sosrosoegondo, menggelar pertemuan di Yogyakarta dengan tujuh klub Nusantara; yang sepakat membentuk sebuah organisasi dan belakangan disebut Kongres Tahunan PSSI.

Adapun, nama-nama di atas sejatinya bukan nama awal. Sebab, klub-klub tersebut semula bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB), Perserikatan Sepakraga Mataram (PSM); Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB), Madioensche Voetbal Bond (MVB), Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM); dan Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Perubahan nama belakangan dilakukan di mana klub tersebut berasal. Mengambil contoh Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) adalah cikal bakal Persija Jakarta saat ini dan Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) adalah nama yang diusung oleh Persib Bandung.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ketetapan yang tertuang di Statuta PSSI juga sejatinya amat dimaklumi. Sebab, bukan perkara mudah untuk ketujuh klub tersebut bisa mendirikan PSSI.

Sebetulnya, nyaris klub-klub Tanah Air ingin hadir dalam pembentukan PSSI. Namun demikian, sejumlah kendala ikut mewarnai kegiatan tersebut. Paling utama keterbatasan finansial dan transportasi untuk bertolak ke Yogyakarta. Alhasil, 7 perwakilan tim yang bisa hadir di malam pembentukan PSSI.

Sebetulnya, 7 klub tersebut bukan jadi yang tertua di sejarah sepak bola Indonesia. PSM Makassar adalah klub resmi pertama dan bisa disebut tertua karena dibentuk pada 1915. Namun demikian, seperti yang disebutkan di atas, perwakilan klub beralias Pasukan Ramang tersebut tak bisa datang.

Namun demikian, tujuh klub tersebut bisa saja berganti nama di kemudian hari. Dengan syarat, Statuta PSSI pada pasal tersebut harus direvisi dan disahkan lewat Kongres PSSI. (*)

via @pengamatsepakbola

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: