Ajarkan Cinta Pahlawan, MI Srumbung Turut Pemancangan Bambu Runcing di Makam

BNews—SRUMBUNG— Upacara Pemancangan Bambu Runcing dilaksanakan di Pusara salah satu pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Srumbung pagi tadi (22/8). Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan Pelajar SMP Trisula dan MI Ma’arif Srumbung, Kabupaten Magelang.

Pusara yang dipancangi Bambu Runcing tersebut makam milik Sobiman yang merupakan salah satu veteran pejuang kemerdekaan. Dirinya juga sekaligus merupakan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Srumbung.

Advertisements
data-ad-slot="3007616301" data-ad-format="auto">


Kepala SMP Trisula Srumbung, Erni Kholifaturrofiah mengatakan bahwa selain memang mendapat undangan dari Komando Rayon Militer (Koramil) Setempat, pihaknya juga ingin menanamkan jiwa nasionalisme kepada peserta didiknya. “Selain memang ada undangan dari Koramil, kami tentu ingin memberikan pemahaman kepada anak anak kami, bahwa nikmat kemerdekaan ini hanya bisa dinikmati karena perjuangan para pejuang terdahulu, seperti pak Sobiman ini,” katanya.


Penanaman karakter nasionalisme ini menjadi penting, karena saat ini generasi penerus gampang terbawa arus yang tidak tepat. “Maka tidak ada pilihan lain, selain kita harus gencar memberikan pendidikan kebangsaan kepada anak anak kita,” imbuhnya.

Sementara Kepala MI Ma’arif Srumbung, Yuan Maryanti menambahkan, pihaknya berharap kepada para anak didiknya untuk dapat meneladani apa yang sudah dilakukan oleh para pejuang pendahulunya. “Kedepan tentu kita berharap agar anak anak didik kita bisa terus meneladani para pejuang ini, terutama dalam membela dan menegakkan NKRI sebagai bumi pertiwi tumpah darah kita semua,” tambahnya.

Kegiatan tersebut mendapat aprisiasi oleh Kepala Desa Srumbung, Bambang Kiswanto yang menyambut baik kegiatan yang melibatkan anak anak SMP Trisula dan MI Ma’arif tersebut, menurutnya pendidikan tidak nya diRuang kelas saja, namun juga harus dengan implementasi nyata. “Ya ini salah satu implementasinya, bahwa pejuang yang sudah meninggal pun tetap wajib dihormati,” ujarnya.

Terakhir Komandan Koramil 16 Srumbung, I Ketut Kukuh dalam amanat sebagai inspektur upacara mengatakan, bahwa Bapak Sobiman ini termasuk veteran yang luar biasa. “Semasa hidupnya beliau selalu memegang teguh prinsip pengabdian kepada bangsa dan negara, ini harus kita contoh dan kita lanjutnya,” pungkasnya. (bsn)

1 Comment
  1. […] BACA JUGA : Borobudur News: Ajarkan Cinta Pahlawan, MI Srumbung Turut Pemancangan Bambu Runcing di M… […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: