Alasan Pandemi, Walt Disney Bakal PHK Massal 32 Ribu Karyawannya

BNews—NASIONAL— Pandemi virus corona berdampak hebat pada dunia bisnis, tidak terkecuali Walt Disney Company. Perusahaan konglomerat di bidang hiburan terbesar di dunia itu bakal memberhentikan 32 ribu karyawan di tahun 2021.

Angka tersebut merupakan karyawan yang bekerja di taman bermain Disney. Diketahui, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan dilakukan pertengahan 2021.

Pandemi virus corona membuat banyak perusahaan harus berjuang. Utamanya pelaku bisnis wisata yang harus berjuang dengan pembatasan jumlah pengunjung akibat wabah.

Kepala Taman Josh D’Amaro misalnya, yang mengungkapkan keputusan sulit harus dibuat oleh perusahaan setelah pandemi virus corona. Termasuk mengakhiri cuti ribuan karyawan. Sekitar 67 persen dari 28 ribu pekerja yang diputus hubungan kerjanya merupakan karyawan paruh waktu.

”Seperti yang bisa Kamu bayangkan, keputusan sebesar ini tidak mudah,” kata D’Amaro, Kamis (26/11).

”Selama beberapa bulan terakhir, tim manajemen kami telah bekerja tanpa lelah untuk menghindari keharusan memisahkan siapa pun dari perusahaan,” imbuhnya.

Menurutnyat dia, perusahaan telah melakukan berbagai cara. Seperti memotong pengeluaran, menangguhkan proyek modal, hingga memodifikasi operasi agar berjalan seefesien mungkin.

Adapun tempat hiburan Disney di Shanghai, Hong Kong dan Tokyo tetap dibuka dengan kapasitas terbatas. ”Namun, kami tidak dapat memiliki staf penuh saat beroperasi pada kapasitas terbatas seperti itu,” ujar dia.

Disney telah mengeluarkan banyak uang sejak wabah dimulai. Bahkan melaporkan kerugian yang tidak kecil. Pada kuartal kedua, perusahaan melaporkan kerugian sebesar 1 miliar dolar AS. Sedangkan kerugian sebesar 3,5 miliar dolar pada kuartal ketiga. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: