Ambyar…Ribuan Wisatawan “Tumplek Blek” di Gunung Telomoyo

BNews–NGABLAK– Usai dibuka secara resmi oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, untuk wisata New Normal, Gunung Telomoyo langsung ambyar. Ribuan orang tumplek blek tanpa memperhatikan protokol kesehatan (19/7/2020).

Kondisi tersebut terpantau melalui pintu masuh Dusun Dalangan Desa Pandean Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Mulai dari loket tiket masuk hingga puncak Telomoyo terjadi kemacetan panjang.

Pengunjung mulai memadati kawasan Tellomoyo terjadi sejak pagi tadi. Dan sekitar pukul 10.00 wib, pengelola bersama jajaran Polsek Ngablak menutup sementara akses wisata tersebut.

Penutupan tersebut diberlakukan mulai loket masuk jalur Dusun Dalangan, Desa Pandean Ngablak. Banyak pengunjung yang sudah tidak masuk lagi dan tertahan di depan kampung.

Pengelola masih menunggu pengunjung yang berada di puncak Telomoyo turun. Karena kawasan tersebut hari biasa tida seramai itu.

Hari ini banyak pengunjung yang merupakan komunitas motor dari berbagai wilayah yang memang sengaja mengahibisa hari libur mereka. Hal ini terjadi memang selama pandemi covid, kawasan wisata ini ditutup, sama halnya dengan tempat wisata lainnya.

Puncak Telomoyo sendiri sebuah tempat wisata di atas pegunungan dengan dua akses jalur masuk. Yakni akses Banyubiru Semarang dan Dalangan, Pandean, Ngablak Magelang.

Ketua LMDH Desa Pandean sekaligus Sekertaris Desa, Wardoyo mengatakan bahwa kunjungan wisata ke Telomoyo hari memang diluar perkiraan.

DOWNLOAD MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

“Harusnya quota di atas wisata Telomoyo itu 400 orang setiap sesi. Karena emang naik turun jadi bikin macet jalur naik,” katanya saat dihubungi Borobudurnews.com siang in (19/7/2020).

Menurutnya, pintu masuk ke puncak Telomoyo ada dua yakni lewat Magelang dan Semarang. “Kalau yang sudah mengantongi ijin dari Bupati buka kembali lewat Magelang. Yang semarang juga baru uji coba,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya pihaknya bersama jajaran Polsek Ngablak menutup sementara. Dan pihaknya menunggu pengunjung yang di atas turun terlebih dahulu.

 “Nanti akan kami evaluasi kembali dan rapat koordinasi. Rencana besok pengunjung ke Telomoyo akan menggunakan sistem referensi atau pesan dahulu,” ungkapnya.

Sementara Kapolsek Ngablak, Iptu Sukamto karena wisatawan over load obyek wisata Telomoyo ditutup sementara. “Hal ini mengingat masih pandemi covid-19 sehingga protokol kesehatan wajib diterapkan,” tambahnya. (bsn)

3 Comments
  1. Ardy rosse says

    Berkunjung aja ke wisata alam WATU ADEG yg berada di d/s Kesuman 2 Tuksongo ,Borobudur ,sebelah selatan candi Borobudur,,mau sunrise,sunset pemandanganya bagus sekali,,bisa mampor di BALKONDES,CANDI BOROBUDUR..sambil muter” naik vw safari juga bisa…

  2. Najwa says

    Tempatnya keren padahal…kalau saat sepi ke puncak telomoyo bisa ambil spot foto bebas dimana aja

  3. Orang Dinas says

    Emang sudah berijin untuk buka dari Tim Gugus Tugas Kabupaten??

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: