Anggaran Ganti Untung Pembebasan Jalan Tol Rp 4 Triliun Segera Cair

BNews—JOGJA— Progres pembangunan Jalan Tol Jalur Jogja-Magelang-Bawen dan Jogja-Solo semakin mendekati kenyataan. Saat ini akan segera dilakukan tahap konsultasi publik.

Kegiatan konsultasi publik ini dalam rangka melakukan dialog dan meminta persetujuan kepada warga yang akan terkena dampak jalan tol. Anggaran Rp4 triliun disiapkan untuk pembebasan lahan.

“Konsulitasi publik tersebut akan menjadi dasar terbitnya izin penetapan lokasi (IPL),” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Totok Wijayanto.

Menurutnya, konsultasi publik ditargetkan selesai pada Bulan Maret 2020. Sehingga, IPL keluar di April 2020.  “Juni nanti pelaksanaan pematokan, Juni saya ajukan permohonan pengadaan tanah, sehingga tahun ini sudah ada proses sampai selesai pembayaran,” ujarnya.

Dia mengatakan tahap awal akan dolakukan kegiatan pembebasan Jogja-Solo.  “Pertama sosialisasi diberitahukan ke warga, konsultasi ke publik sudah mengarah ke masyarakat setuju bahwa tanahnya kena jalan tol. Dulu [sosialisasi] diberitahu kalau mau ada proyek yang ini [konsultasi publik] persetujuan lokasi terbitnya IPL,” ujarnya.

Sembari tahapan terus berlangsung, jika IPL dari Gubernur DIY terbit, selanjutnya akan dilakukan pematokan lahan pada trase tol sebagai batas akhir kepemilikan lahan. Setelah itu, pihaknya akan mengajukan surat ke BPN untuk pengadaan tanah.

“Begitu konsultasi publik selesai, itu IPL dari Gubernur kalau sudah terbit IPL baru saya mengadakan pematokan trase untuk menentukan batas akhir kepemilikan kanan dan kiri. Setelah itu kami memberikan surat ke BPN untuk dilaksanakan pengadaan tanah. Itu sudah bergulir pengadaan tanahnya,” ucapnya. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: