Antusias Mahasiswa PGSD UNIMMA Dalam Pelaksanaan Plp 1 Di SDN Muntilan

BNews–MAGELANG-– Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melibatkan seluruh mahasiswa PGSD semester 2 ke sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Magelang. Kegiatan ini merupakan salah satu program mata kuliah PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) yang diampu oleh bapak Agrissto Bintang Aji Pradana.

Kegiatan PLP ini dulu dikenal sebagai PPL, dan bapak Ari Suryawan, M.Pd sebagai Dosen Pengampu Lapangan (DPL) pada kegiatan ini. Plp ini diawali dengan penyerahan 6 mahasiswa di SD Negeri Muntilan yang berada di tengah perkotaan muntilan.

Sekolah ini dipimpin oleh ibu Septiana Widyaningrum S.Pd, kegiatan ini terdapat perwakilan guru sebagai guru pamong dan 3 guru model. Yang menjadi guru pamong yaitu guru dari kelas 6 sedangkan guru model yaitu guru dari kelas 1, 4, dan 5.

Kegiatan berlangsung selama 3 minggu yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1 minggu 3 kali. Dimulai dari penerjunan pada hari kamis, 19 Mei 2022 sampai dengan penarikan 18 Juni 2022.

Kegiatan PLP kali ini, kami ditugaskan untuk mengobservasi dan menjadi asistensi guru model serta mengimplementasi kegiatan literasi pada kelas tinggi. Dalam kegiatan literasi, kami membuat program akar literasi yang diterapkan pada tanggal 11 Juni 2022.

Antusias siswa dalam program literasi ini memberikan semangat baru kepada kami sehingga program ini berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan adanya program ini diharapkan siswa menjadi lebih rajin dan lebih semangat untuk melakukan literasi.

“Menurut saya, kalian mengikuti kegiatan rapat rutin ini sangat bagus yang nantinya akan menjadi bekal kalian untuk mengambil langkah ke jenjang selanjutnya sebagai tenaga pendidik“ ungkap Septiana Widyaningrum.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Keikutsertaan kami pada rapat rutin SD N MUNTILAN menambah wawasan dan pengalaman sehingga kami tidak salah dalam mengambil langkah selanjutnya. Dengan bekal itu kami menjadi lebih semangat dan yakin bahwa kami mampu untuk menjadi tenaga pendidik yang berkualitas dan inovatif.

Dari hasil PLP kali ini kami sebagai calon guru mendapat banyak sekali pengalaman, relasi serta kesiapan sebagai guru nantinya. Dari sistem kurikulum yang digunakan sampai hal yang harus dipersiapakan guru dalam pembelajaran serta mengatasi permasalahan gaya belajar setiap siswa.

“Dan itu bisa kita lihat di PLP 1 ini dimana mahasiswa praktikan dapat mengenal, memahami, dan mengalami secara langsung rutinitas dan tanggung jawab guru, mulai dari mempersiapkan pembelajaran, administrasi kelas, serta tugas lainnya. Bahkan mereka mungkin saja mengalami hal yang berbeda dari apa yang selama ini dipelajari di kelas” ungkap Agrissto Bintang Aji Pradana. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: