Polres Magelang Gelar Persiapan Operasi Ketupat Candi 2020

BNews–MUNGKID–Polres Magelang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Candi 2020, pagi tadi (28/4/2020). Selain membahas persiapan Idul Fitri, juga dibahas kegiatan penanganan Covid-19.

Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dalam rangka sinergitas dan koordinasi. “Melihat kebijakan pemerintahan terkait penanganan Covid-19 ini kita harus tertib mentaatinya,” katanya.

Penanggulangan wabah virus corona, lanjutnya menjadi prioritas utama dari pada lainnya. “Dengan pertemuan ini penyamaan persepsi sangat dibutuhkan. Dan semoga setelah ini ada kontribusi nyata untuk menekan penyebaran virus corona,” tandasnya.

Sementara Bupati Magelang Zaenal Arifin, diwakili Asisten 1 Setda Magelang Iwan Sutiarso mengapresiasi pertemuan ini. “Kami akui operasi ketupat candi 2020 ini berbeda dari sebelumnya, karena dengan kondisi yang luar biasa. Yakni kondisi waktu lebih panjang selama 37 hari dan di tengah wabah virus corona,” katanya.

Ia mengungkapkan, memaksimalkan SDM lokal dari berbagai sektoral sangat dibutuhkan. Namun, sinergitas harus ada dan selalu dijaga karena itu merupakan hal yang penting.

“Dengan sinergitas, singkorinisasi, berbagai informasi dan data semoga tujuan operasi ketupat candi ini tercapai. Dengan catatan tetap sesuai protokol kesehatan yaki Social dan Physical Distanting dalam bertugas. Hal ini karena pasti akan banyak bertemua orang dimana virus ini sudah diketahui melalui kasat mata,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
Loading...

Iwan juga menyampaikan, bahwa akhir akhir ini terus disampaikan terkait gangguan kesehatan di tengah masyarakat dengan adanya wabah virus corona. “Yang perlu kita antisipasi yakni dampaknya yang sangat besar. Jangan sampai muncul gangguan lain mulai dari sosial, ekonomi dan ujungnya adalah agngguan keamanan,” himbaunya.

Terakhir Ia juga berpesan untuk mengantisipasi perkembangan isu-isu yang beredar di masyarakat melalui media sosial. “Banyak isu hoax yang cepat menyebar melalui media sosial, dan tidak bisa kita hindari saat ini digitalisasi sangat berperan. Namun jangan sampai dampaknya dapat menimbulkan gangguan keamanan juga,” tandasnta.

Dandim : secara nasional pihak kepolisian melaksanan kegiatan ini, dan dari pihak kami ada yang unik ketupat candi ada covidnya. kami jajaran Kodim siap mengsuksesnya kegiatan ini karena efeknya positif jika kita bersinergi dan kelihatan kompak.

Sedangkan Kasat Lantas Polres Magelang AKP Fadli dalam pemaparannya bahwa operasi ketupat candi 2020 ini jenisnya operasi pemeliharaan keamanan. “Uperasi ini berlangsung mulai 24 April hingga 13 Mei 2020 mendatang,” ujarnya.

Dimana operasi ini, lanjutnya mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan penegakan hukum. “Serta bantuan operasi dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitannya dengan pelarangan mudik guna mencegah penyebaran wabah covid-19. Dengan harapan masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan rasa aman dan nyaman,” katanya.

Ia juga menjabarkan rencana terdapat 8 titik pospam yang akan didirikan di wilayah Kabupaten Magelang. Yakni Pospam Depa Terminal Secang, Pospam TerpadTerminal Secang, Pospam Depan Artos Hotel Mertoyuda, Pospam depan BRI Salaman.

“Ada juga Pospam Terpadu Terminal Salaman, Pospam depan Pasar Muntilan, Pospam Terpadu Terminal Muntilan dan Pospam Tugu Ireng Salam,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: