Banyak Aduan Infratruktur Rusak Di “Lapor Pak D” DPUPR Kabupaten Magelang

BNews–MUNGKID–  Respon positif masyarakat dengan adanyaProgram “Lapor Pak D” yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umur dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Magelang. Dimana banyak aduan dari masyarakat yang masuk ke call center mereka.

Adi Tri Wahyu, selaku  Staf Subbag Program DPUPR Kabupaten Magelang  saat diwawancari Borobudurnews.com mengatakan bahwa resmo sangat luar biasa.

“Langsung gass mas ternyata. Rata-rata perhari terdapat 20 aduan dari masyarakat, baik melalui WhatsApp maupun media sosial kami,” katanya (22/3/2021).

Ditanya terkait jenis aduan yang masuk, katanya kebanyakan terkait ruas jalan dan jembatan. “Namun masih ada beberapa yang kurang tepat status jalan atau jembatan yang dilaporkan. Karena kami berwenang di status yang Kabupaten saja. Jadi misal ada yang status provinsi atau nasional kita juga bantu meneruskan ke pihak terkait seperti bina marga,” paparnya.

Adi menyampaikan sebenarnya untuk melaporkan harus tahu status infrastruktur tersebut. Hal ini agara bisa langsung ditangani atau catat.

“Untuk ruas jalan yang akan dilaporkan sebenar nya bisa diunduh di website kami di dpupr.magelangkab.go.id . Dilaman tersebut sudah ada datanya yang sesuai SK Bupati,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya hanya fokus dalam penanganan 5 bidang PuAn. Yakni infrastrtuktur baik berupa jalan, jembatan, irigasi, gedung pemerintah dan tata ruang. Namun yang berstatus Kabupaten.

“Sebenarnya ada hal bagus yang bisa dilaporkan melalui program Lapor Pak D, yakni soal Tata Ruang. Seperti boleh tidaknya membangun rumah, toko, atau gedung lain menurut Perda. Cukup memberikan titik koordinat akan kami cek di sistem kami,” ungkapnya.

Nanti setelah mendapat titik koordinat dan lokasi di sistem, lanjutnya akan disampaikan beberapa hal. “Hal tersebut mulai dari peruntukan lahan. Jadi apakah sesuai dengan Perda atau RTRW Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: