Pemuda di Magelang Bisa Modifikasi Diecast, Hasilnya Diburu Hingga Luar Negeri

BNews—MAGELANG— Seorang pemuda bernama Bhakti Aris Wandari, 27, warga Desa Bringin, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang membuat hobinya jadi salah satu sumber pendapatnnya. Yakni memodifikasi mobil mainan atau disebut custom diecast.

Hal itu berawal dari dirinya yang sekedar mengoleksi mobil-mobil mainan tersebut. Kemudian mencoba memodifikasi dan mengikuti berbagai perlombaan hingga mengetahui bagaimana memodifikasi diecast yang baik.

“Dulu awalnya cuma koleksi. Main ke tempat-tempat jualan mainan terus dapat mobil-mobil kecil, ‘kan banyak teman-teman yang koleksi terus kepengen’. Pas main instagram lihat ada beberapa yang dicustom, penasaran, nyoba-nyoba akhirnya sempat jadi, tapi belum bisa presisi. Terus belajar, ikut lomba jadi tahu kekurangan, apa yang harus dibenahi, apa yang dirubah semua. Akhirnya, sampai sekarang bisa dijual,” ujar Aris saat ditemui di rumahnya, Sabtu (20/2/2021). Dikutip BorobudurNews dari Detik.

Dia menjelaskan bahwa custom tersebut dengan menggunakan bahan material dari pabrikan. kemudian dimodifikasi dengan penambahan desain interior secara mendetail.

”Kebanyakan dari online ditawarkan melalui instagram, facebook, terus ada beberapa dari toko online yang menjual bahan kayak gini. Untuk bahan diecast sebenarnya saya menggunakan dari brand-brand Hot Wheels, tapi casting sendiri ada dari aluminium,” ujar dia.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kepiawaian Aris dalam memodifikasi itu pun menarik perhatian para kolektor baik di Indonesia maupaun luar negeri. Bahkan karyanya ada yang sudah terjual hingga ke Puerto Rico Amerika Serikat dan Skotlandia.

“Kalau ini yang skala 1 : 64. Ada permintaan dari beberapa kolektor, ada yang dari luar negeri seperti Puerto Rico, Amerika Serikat sama Skotlandia. Selain itu ada juga permintaan dari Jakarta,” ujar Aris.

Ia menyebut, telah menekuni custom diecast tersebut sejak 2019 silam. Selama itu, dirinya telah menghasilkan karya beberapa meski belum mencapai ratusan. Lantaran untuk melakukan modifikasi membutuhkan ketelitian yang mendetail.

”Saya mengerjakan pelan-pelan untuk satu mobil juga nggak satu hari jadi. Paling bisa satu minggu, dua minggu, kadang satu bulan. Ada yang beberapa mobil masuk hari ini, paling satu tahun lagi baru jadi. Untuk harga jual mulai Rp 500 ribu sampai Rp 3-4 juta,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: